DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 00:41 WIB

Polda Kalimantan Barat Bentuk Satgas Pilkada Damai

Elza Astari Retaduari - detikNews
Polda Kalimantan Barat Bentuk Satgas Pilkada Damai Foto: dok. Bidang Humas Polda Kalimantan Barat
Jakarta - Polda Kalimantan Barat membentuk Satgas Pilkada Damai dalam rangka menyambut pesta demokrasi di wilayah hukum Kalimantan Barat tahun ini. Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono menjelaskan tujuan dibentuknya Satgas Pilkada Damai adalah untuk membangun semangat kebersamaan dalam menciptakan suasana aman, damai, lancar, dan sukses.

"Satgas ini juga guna mengantisipasi gejolak yang dikhawatirkan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Ini adalah satgas yang kaitannya dengan cooling atau pendingin, cooling center," jelas Didi dalam acara peluncuran Satgas Pilkada Damai di aula Graha Khatulistiwa Mapolda Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Rabu (17/1/2018).

Didi mengatakan suasana politik di Kalbar tak mengkhawatirkan. Namun kepolisian tetap mengambil langkah antisipatif. Satgas ini, lanjut Didi, nantinya akan mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya keamanan dan kedamaian di masa pilkada.

"Karena saya pun orang Kalbar, jadi saya tahu bagaimana warga Kalbar ini cinta damai. Namun antisipasi itu sangat perlu dilakukan," ucap jenderal bintang dua itu.

"Sama-sama kita idam-idamkan semua berjalan dengan sukses untuk membangun persamaan visi, misi, persepsi, dan interpretasi serta meningkatkan keterpaduan yang harmonis di antara unsur lintas sektoral," sambung dia.

Didi menerangkan tahun ini warga Kalbar akan memilih pemimpin untuk periode 2018-2023. Kemudian ada empat kabupaten yang juga melaksanakan pemilihan bupati. "Kita menyadari betapa pentingnya menjaga satu situasi kamtibmas yang berfungsi bagi kelancaran pembangunan dan ketenteraman, menjelang tahun politik ke depan," kata dia.

"Mari bersama-sama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat menjaga keamanan dan jadikan pesta demokrasi ini sebagai sarana untuk membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini," imbuh Didi.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji, yang hadir dalam peluncuran Satgas Pilkada Damai, mengungkapkan pembentukan Satgas sebagai bentuk kepedulian pemerintah bersama stakeholder akan Pilkada Kalbar dapat berjalan damai.

"Kita harap Satgas dapat mencegah hal-hal negatif dalam pilkada di Kalbar. Mudah-mudahan satgas yang terbentuk ini menjadi langkah awal kita dalam mengawal Pilkada Damai di Kalbar," kata Doddy.

Acara ini juga dihadiri Pangdam XII/Tpr Mayjen Achmad Supriyadi, Danlantamal XII Pontianak Brigjen (Mar) Endi Supardi, dan Danlanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo.
(aud/aud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed