DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 16:15 WIB

Viral Cerita Wanita Dapat Makian SARA karena Kursi Prioritas KRL

Niken Purnamasari, Jabbar Ramdhani - detikNews
Viral Cerita Wanita Dapat Makian SARA karena Kursi Prioritas KRL Kursi prioritas di KRL. (Fitang Budi Adhitia/detikcom)
Jakarta - Cerita seorang penumpang wanita menegur pria yang duduk di kursi prioritas KRL Commuter Line jadi viral di media sosial. Bukannya pindah, pria itu malah memaki dan berkata rasis terhadap wanita tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Michelle Wanda (21), yang curhat melalui Instagram Story-nya. Ada beberapa foto yang menunjukkan tampang pria yang berdebat dengannya soal duduk di kursi prioritas.

Posting-an Wanda di IG Story itu kemudian diunggah ulang oleh akun lain, salah satunya akun @_HaddadP, di Twitter. Posting-an itu lalu sudah di-retweet lebih dari 2.300 kali hingga Rabu (17/1/2018) pukul 16.00 WIB.

Kepada detikcom, Wanda mengatakan kronologi kejadian itu. Dia naik KRL Commuter Line dari Manggarai menuju Bekasi pada Selasa (16/1). Saat masuk, dia melihat seorang pria yang duduk di kursi prioritas.

Padahal, kata Wanda, pria tersebut tidak masuk kategori penumpang prioritas, yakni orang lanjut usia, penyandang disabilitas, dan ibu hamil.

"Jadi mas-mas ini duduk di kursi prioritas sama ada satu wanita. Lalu ada kakek-kakek berdiri di sebelah aku. Terus aku bilang ke mas-mas itu untuk gantian. Sama orang lain juga diteriakin, 'Kamu kan laki-laki, kamu masih muda. Gantian dong,'" kata Wanda saat dihubungi, Rabu (17/1).

Wanda mengatakan penumpang pria itu mengaku kakinya tengah lemas karena berdiri. Kesal mendengar alasan pria tersebut, Wanda pun kembali berdebat.

"Saya cuma nimpalin kalau saya juga dari tadi berdiri. Tapi saya nggak masalah. Sampai kakek-kakeknya itu ngomong ke aku nggak apa-apa dan dia masih bisa tahan. Aku bilang ke kakek itu, 'Pak, kalau Bapak emang mau duduk, saya anterin ke depan yang emang ngerti tulisan ini dan gambarnya,'" cerita Wanda.

Hal tak terduga pun terjadi. Pria itu naik pitam dan tiba-tiba berdiri sambil memaki Wanda. Tak hanya itu, si pria juga berkata rasis yang akhirnya dilerai penumpang lain.

"Dia nunjuk-nunjuk muka saya sampai kena jidat. Saya shock banget. Dia marah-marah dan bilang, 'Emang kenapa kalau gue nggak mau ngasih tempat? Emang lo siapa bisa nyuruh-nyuruh gue,'" katanya.

Tak berapa lama kemudian, petugas keamanan datang untuk membuat situasi kondusif. Kakek tersebut dibawa ke gerbong lain agar mendapat duduk di kursi prioritas. Sedangkan penumpang pria itu diperingatkan oleh petugas.

Kendati demikian, pria itu tetap bergeming dan duduk di kursi prioritas.

"Di satu gerbong itu udah rusuh dan disorakin. Akhirnya dia ngalah dengan cara ceweknya dipangku," ujar Wanda.

VP Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa sudah mengetahui posting-an yang jadi viral itu. Dia menyayangkan adanya kejadian itu karena seharusnya antarpenumpang bisa saling berempati terkait kursi prioritas.

"Kami sangat berharap adanya kerja sama dari seluruh penumpang agar memahami aturan dan ketentuan yang ada, seperti salah satunya kursi prioritas. Kami juga berharap penumpang dapat lebih berempati kepada penumpang lainnya apabila sedang duduk di kursi reguler atau kursi yang bukan prioritas tetap mau memberikan kursinya jika ada penumpang lain yang memiliki kebutuhan khusus," kata Eva.
(nkn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed