DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 15:29 WIB

Kini Ada Marka Jalan Khusus Pemotor dari Medan Merdeka ke Thamrin

Seysha Desnikia - detikNews
Kini Ada Marka Jalan Khusus Pemotor dari Medan Merdeka ke Thamrin Pemprov DKI Jakarta membuat marka jalan untuk jalur khusus pemotor yang akan menuju Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. (Seysha/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta membuat marka jalan untuk jalur khusus pemotor yang akan menuju Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Marka jalan ini dibuat pasca-pencabutan pergub larangan motor di Thamrin oleh Mahkamah Agung (MA).

Marka jalan tersebut dibuat di Jalan Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Rabu (17/1/2018), marka jalan tersebut berwarna kuning dengan simbol motor berwarna putih di atasnya. Marka jalan tersebut mengarah ke Jalan MH Thamrin.



Salah satu rambu terletak di depan halte busway Monas. Sejumlah pemotor tampak tertib melintas menurut marka yang disediakan. Namun ada juga pemotor yang tidak melintas di marka tersebut.

Meski marka jalan tersebut dikhususkan untuk pemotor, masih banyak pengendara mobil yang melintas.

Sudah tidak ada petugas yang mengecat marka jalan tersebut saat detikcom tiba di lokasi. Menurut salah seorang anggota PPSU, marka jalan tersebut dicat pada pukul 12.00 WIB siang tadi.


Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan membatalkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor di Jalan MH Thamrin yang dibuat di era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Putusan itu tertuang dalam Putusan MA Nomor 57 P/HUM/2017.

Sementara itu, Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta sosialisasi motor boleh melintas di Jalan MH Thamrin perlu ditingkatkan. Sandi mengatakan keputusan MA yang mengizinkan motor boleh melintas di Thamrin perlu segera dilaksanakan.

"MA kan sudah menjatuhkan keputusannya dan itu harus dilaksanakan segera. Rambu-rambu sudah dicabut. Jadi ini sosialisasi yang perlu kita tingkatkan lebih," kata Sandi di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jl H Baping, Jakarta Timur, Senin (15/1).
(nvl/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed