DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 14:22 WIB

Akan Pensiun, Komjen Buwas Bicara Kriteria Kepala BNN Penggantinya

Ibnu Hariyanto - detikNews
Akan Pensiun, Komjen Buwas Bicara Kriteria Kepala BNN Penggantinya Foto: Kepala BNN Komjen Budi Waseso. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso akan segera memasuki masa pensiun dari anggota Polri. Buwas pun berbicara soal kriteria yang cocok sebagai penggantinya.

"Yang paling utama punya integritas dan komitmen terhadap pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di BNN," kata Buwas di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (17/1/2018).

Buwas menambahkan syarat-syarat menjadi Kepala BNN juga sudah diatur dalam Undang-Undang. Salah satu syaratnya yakni seorang Kepala BNN harus punya pengalaman 5 tahun menjadi penyidik dan pengalaman 2 tahun dalam pemberantasan narkotika.

"Seorang calon harus berpengalaman 5 tahun minimal jadi penyidik dan paling singkat 2 tahun dalam pemberantasan narkotika. Dan berusia paling tinggi 56 tahun," ujar Buwas.

Saat tanya soal siapa orang yang pantas itu, Buwas enggan menyebut nama. Dia hanya berharap pengantinya nanti akan bekerja lebih baik.

"Mudah-mudah pengganti saya punya kehebatan yang lebih dari saya dan bekerja lebih baik lagi," tuturnya.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan pengganti Komjen Buwas berasal dari lingkungan perwira tinggi (pati) bintang tiga. Namun tak tertutup kemungkinan calon pengganti Komjen Buwas dipilih dari pati bintang dua.

"(Pengganti Komjen Buwas di BNN) saya belum tahu. Pastinya salah satu dari (jenderal) bintang 3, (jenderal bintang 2) bisa jadi," kata Setyo.

Komjen Buwas adalah lulusan Akpol angkatan 1984. Sebelum memimpin BNN, Buwas dipercaya memegang jabatan sebagai Kabareskrim Polri.

Menerka-nerka pengganti Komjen Buwas, Polri memiliki beberapa jenderal bintang 3 yang menduduki jabatan strategis saat ini. Di antaranya Kabareskrim Komjen Ari Dono, Kabarhakam Komjen Moechgiyarto, Kalemdikpol Komjen Unggung Cahyono, Irwasum Komjen Putut Eko Bayu Seno, dan Kabaintelkam Komjen Lufthi Lubiyanto.

Sementara itu, jenderal bintang 3 yang berdinas di luar lingkungan Polri adalah Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius.
(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed