DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 13:45 WIB

14 Ribu Personel Gabungan Polri-TNI Amankan Pilkada di Papua

Yulida Medistiara - detikNews
14 Ribu Personel Gabungan Polri-TNI Amankan Pilkada di Papua Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Polda Papua menyiapkan ribuan personel untuk mengamankan Pilkada. Banyaknya personel disiagakan mengantisipasi gangguan karena Papua masuk daerah rawan konflik.

"Kurang lebih 14.000 personel kumulatif, terus sekitar 2.800-an dari TNI, kemudian dari linmas sekitar 4.000, semuanya sekitar 14.000. Di sana kan nanti untuk Pilkada ada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, kemudian tujuh kabupaten yang ada di sana memang kita termasuk daerah rawan melihat potensi konflik," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).

Polda Papua juga menjalin komunikasi dengan tokoh agama dan masyarakat agar ikut membantu keamanan pelaksanaan pilkada. Masyarakat diminta tetap menjaga situasi yang aman.

"Upaya-upaya yang dilakukan oleh Polda Papua kita mengoptimalkan para pejabat utama sudah melakukan upaya-upaya dan datang ke kabupaten-kabupaten dan bertemu dengan tokoh masyarakat melaksanakan kegiatan untuk bagaimana dengan tokoh masyarakat dan agama dan unsur pemerintahan untuk menciptakan rasa aman," sambung Kamal.

Selain itu, Polda Papua juga mewaspadai teror dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Polisi memantau pergerakan KKB.

"Kondisi terakhir memang kita masih melakukan monitoring dan kita melakukan antisipasi untuk bagaimana nanti kelompok-kelompok Kriminal Bersenjata melakukan intervensi terhadap calon-calon kepala daerah. Kita sudah ada tim khusus untuk melakukan monitoring dan melakukan pengecekan terhadap terjadinya kelompok kriminal bersenjata," ujar Kamal.


(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed