Yuyu Sutisna Resmi Dilantik Jadi KSAU Gantikan Marsekal Hadi

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 17 Jan 2018 09:33 WIB
Foto: Marsdya Yuyu (paling kanan). (Bagus-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna dilantik untuk posisi tersebut menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Pelantikan Marsdya Yuyu dilakukan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2018). Pelantikan Yuyu bersamaan dengan reshuffle sejumlah menteri dan pejabat di Kabinet Kerja.

Jokowi membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Yuyu. Pelantikan Yuyu ini sesuai dengan Keppres Keppres Nomor 2/TNI/2018 Tahun 2018, yang ditandatangani pada 16 Januari 2018.


"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apa pun juga, tidak memberi atau menyanggupi, akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga, bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun juga," demikian potongan sumpah jabatan yang diucapkan Yuyu. Setelah membacakan sumpah, dia lalu menandatangani berita acara pelantikan.

Yuyu menjadi suksesor Hadi yang dilantik menjadi Panglima TNI pada 8 Desember lalu. Pergantian KSAU baru dilakukan sebulan lebih sehingga sebelumnya Hadi masih merangkap jabatan.

Marsdya Yuyu merupakan perwira tinggi TNI AU jebolan AAU angkatan 1986. Ia satu letting dengan Marsekal Hadi.

Yuyu Sutisna Resmi Dilantik Jadi KSAU Gantikan Marsekal HadiMarsdya Yuyu Sutisna. Foto: dok. TNI AU

Yuyu yang akan segera menjadi Marsekal itu naik jabatan dari posisinya sebagai Wakil KSAU. Ia pernah menjabat sebagai Danlanud Iswahyudi hingga Pangkohanudnas.

Selain Yuyu, Presiden Jokowi juga melantik Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden, dan Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Agum menggantikan almarhum KH Hasyim Muzadi.

Dalam pelantikan ini, hadir Panglima TNI Marsekal Hadi, KSAL Laksamana Ade Supandi, dan KSAD Jenderal Mulyono. Jajaran Kabinet Kerja dan petinggi lembaga negara juga turut hadir. (elz/imk)