DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 06:56 WIB

Akan Periksa Ajudan Novanto, KPK: Polri Dukung Pemberantasan Korupsi

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Akan Periksa Ajudan Novanto, KPK: Polri Dukung Pemberantasan Korupsi Jubir KPK Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pahlevi akan diperiksa oleh KPK sebagai saksi. KPK membutuhkan keterangan Reza terkait keberadaan Novanto yang sempat 'menghilang' saat disambangi KPK beberapa waktu lalu.

"Penyidik butuh keterangan sebagai saksi. Ya tentu sejauh pengetahuan ajudan terkait keberadaan SN dalam rentang waktu 15 sampai 16 November 2017 tersebut," kata Jubir KPK Febri Diansyah kepada detikcom, Selasa (16/1/2018).

Febri menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Polri lebih lanjut terkait pemberantasan tindak pidana korupsi. Koordinasi tersebut, dikatakan Febri sebagai sebuah komitmen timbal balik yang dilakukan oleh KPK.

"KPK-Polri akan koordinasi lebih lanjut. Prinsipnya Polri komit untuk mendukung pemberantasan korupsi yang dilakukan. Ini komitmen timbal balik yang kami lakukan," tutur Febri.

Sebelumnya Reza sempat mangkir dari panggilan penyidik KPK sebanyak dua kali. KPK pun berkirim surat kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta izin untuk memeriksa Reza.

Dalam kasus ini, Fredrich dijerat KPK dengan dugaan menghalangi proses penyidikan Novanto dalam perkara korupsi proyek e-KTP. Dia ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama dr Bimanesh Sutarjo, dokter yang menangani Novanto ketika mengalami kecelakaan.

Baik Bimanesh maupun Fredrich diduga memanipulasi data rekam medis Novanto untuk menghindari panggilan penyidik.
(yas/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed