DetikNews
Selasa 16 Januari 2018, 21:01 WIB

Usai Ratas Bahas Citarum, Jokowi Minta Masukan Komunitas Lingkungan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Usai Ratas Bahas Citarum, Jokowi Minta Masukan Komunitas Lingkungan Presiden Jokowi bertemu dengan komunitas pemerhati lingkungan. (Bagus/detikcom)
Bandung - Presiden Jokowi baru saja memimpin rapat terbatas tentang Sungai Citarum. Begitu rapat selesai, Jokowi langsung bertemu dengan para tokoh pemerhati lingkungan.

"Telah 14 kali kami melakukan rapat mengenai Citarum ini dan pada malam hari ini kami mohon masukan, saran-saran dari Bapak-Ibu sekalian," kata Jokowi mengawali dialog di Grha Wiksa Pranti, Puslitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR, Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1/2018).

Jokowi menjelaskan Sungai Citarum sangat penting karena 80 persen sumber air minum masyarakat Jakarta berasal dari sungai.

"Info yang saya terima, 3.000 industri yang kebanyakan limbah kan dimasukkan ke sini," ujar Jokowi.


Jokowi menegaskan revitalisasi Citarum akan menggunakan APBN dan APBD. Selain itu, pihak swasta dan bantuan internasional akan dilibatkan.

"Kami buat timeline Citarum Aksi selama 2018 dan perkiraan kami, kalau dikerjakan secara cepat dan terus-menerus, kurang-lebih 7 tahun baru selesai," ungkap Jokowi.

Ada sekitar 20 tokoh pemerhati lingkungan Jawa Barat yang hadir. Jokowi didampingi sejumlah menteri, di antaranya adalah Menko Maritim Luhut Panjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Menteri LHK Siti Nurbaya.
(bag/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed