DetikNews
Selasa 16 Januari 2018, 10:15 WIB

Sandi: Atlet Kalau Berprestasi Langsung Diangkat Jadi PNS

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sandi: Atlet Kalau Berprestasi Langsung Diangkat Jadi PNS Sandiaga Uno lari pagi di kawasan GBK (Foto: Kanavino/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan atlet yang berprestasi akan diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Sandi menyebut banyak contoh atlet yang saat ini bekerja di pemerintahan.

"Mereka kalau berprestasi langsung diangkat ASN, PNS dulu. Jadi kayak mbak Dedeh (atlet nasional), Kepala Sudin Jakarta barat. Itu atlet kita di Pemprov DKI," kata Sandi di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Senada dengan Sandi, Kadispora DKI Ratiyono menyebut Pemprov DKI bahkan akan menjamin biaya sekolah para atlet yang berprestasi. Para atlet itu pun mempunyai kesempatan kuliah gratis apabila meraih emas.


"Yang jelas mereka sudah free. Anak-anak ini ada uang saku dari pemprov kemudian makannya dijamin, sekolahnya dijamin setelah mereka mendapatkan emas, dijamin masuk perguruan tinggi, untuk UNJ, fakultas olahraga, tinggal memilih jurusannya," tuturnya.

Sementara itu, atlet nasional cabang lari gawang, Dedeh Erawati, menjelaskan para atlet harus tetap memperhatikan pendidikan bila ingin menjadi pegawai pemerintahan. Orang tua juga didorong untuk mendukung para atlet dalam mengembangkan bakatnya masing-masing.

"Jadi saya kebetulan dulu atlet nasional, masih. Sekarang saya ASN juga. Selain latihan yang keras juga sekolah dan kuliah yang pertama. Jadi ketika prestasi yang tinggi, jadi pemerintah nggak ragu lagi untuk memberikan pekerjaan. Jadi buat para orang tua, nanti pendukungan karakter baik," tuturnya.


Pengangkatan atlet berprestasi jadi PNS ini adalah komitmen pemerintah pusat. Menpora Imam Nahrawi bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur sebelumnya telah menggodok aturannya.

Imam Nahrawi mengatakan, atlet berprestasi yang telah mengibarkan Bendera Merah Putih di kancah internasional sudah selayaknya mendapatkan penghargaan terbaik dari negara.
(knv/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed