6 Rute Program OK Otrip akan Diuji Coba Selama Sebulan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 15 Jan 2018 22:48 WIB
OK Otrip angkot Kampung Melayu-Duren Sawit diuji coba. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

PT TransJakarta menargetkan bisa menguji coba enam rute perjalanan program One Karcis One Trip (OK Otrip) di seluruh DKI Jakarta selama sebulan. Keenam rute itu akan dilayani sekitar 100 angkutan kota yang terintegrasi dengan layanan OK Otrip.

"Enam rute itu targetnya ada 100 kendaraan," kata Direktur Pelayanan Pengembang Bisnis dan SDM TransJakarta Wilfizon Yuza di sela uji coba OK Otrip rute Kampung Melayu-Duren Sawit Jaktim, Senin (15/1/2018).

Yuza mengatakan keenam rute tersebut akan tersebar di lima kota di DKI Jakarta. Keenam rute tersebut akan diuji secara bertahap dalam kurun waktu sebulan ke depan.

"Secara bertahap kita akan tambah kurang-lebih enam rute secara bertahap dalam satu bulan," tambah dia.

Yuza menambahkan, selama masa uji coba hingga April, tarif OK Otrip gratis. Menurut Yuza, para penumpang yang belum punya kartu OK Otrip tak perlu khawatir. Pihak TransJakarta menyiapkan kartu yang dipinjamkan kepada para penumpang.

"Jadi peminjaman kartu ini selama 15 hari ini. Selama uji coba ini, naik harus taping tapi tarif nol sampai tanggal 31 Januari (2018) tanpa kartu. Habis itu, harus pakai kartu sendiri pada 1 Februari (2018)," terangnya.

Kepala Humas PT TransJakarta Wibowo mengatakan, dari keenam rute tersebut, dua rute siap diuji coba. Kedua rute tersebut adalah rute Semper-Rorotan diuji coba hari Selasa (16/1) dan rute Kampung Rambutan-Pondok Gede diuji coba Rabu (17/1).

"(Tiga rute) sedang didiskusikan dengan para operator angkutan," kata Wibowo.



(ibh/fdn)