DetikNews
Minggu 14 Januari 2018, 08:09 WIB

Khofifah Tawarkan Program Petik Olah Kemas Jual untuk Perempuan Jatim

Muhajir Arifin - detikNews
Khofifah Tawarkan Program Petik Olah Kemas Jual untuk Perempuan Jatim Foto: Khofifah Indar Parawansa. (Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - Bakal calon gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mulai menawarkan program-program yang akan dijalankan jika dia dipercaya memimpin Jatim. Salah satunya yakni program Petik, Olah, Kemas dan Jual (POKJ), yang ia yakini akan mempercepat proses pengentasan kemiskinan terutama untuk kaum perempuan.

"Saya kira Gender Development Index itu sama dengan Human Development Index. Hitungan adalah pendidikan, ekonomi, dan kesehatan perempuan," kata Khofifah usai menghadiri Silaturahmi dan Santunan Yatim Piatu di Pondok Pesantren Moderen Singa Putih, Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (13/1/2018) malam.

Acara ini dihadiri ratusan wali santri, sejumlah kiai dan bu nyai serta warga sekitar. Acara ini berlangsung hingga Minggu (14/1) dini hari.


"Jatim ini sebetulnya koperasi wanitanya cukup bagus. Tinggal penguatan di beberapa lini. Saya ingin menjalan program Petik Olah Kemas Jual (POKJ). Misal kalau yang memetik ikan suaminya di laut, maka istrinya punya kemampuan mengolah. Mereka juga punya kemampuan mengemas, baru kemudian mereka dibangunkan akses ke pasar, berarti jual," terangnya.

Menurut Khofifah, selama ini yang terjadi masih pola 'petik jual'. Suaminya memetik ikan di laut, istrinya menjual ke pasar. Padahal, kata dia, untuk olah dan kemas tehnologinya sederhana dan murah.

"Pindad yang di Malang punya teknologi yang murah dan applicable untuk bisa mengajarkan pada nelayan terutama istri keluarga nelayan untuk mengolah ikannya, mengemas dan Disperindag bantu pemasaran," sebut Khofifah.

Khofifah Tawarkan Program Petik Olah Kemas Jual untuk Perempuan JatimFoto: Khofifah Indar Parawansa. (Muhajir Arifin/detikcom)

"Format seperti ini saya kira peluangnya sangat besar sehingga akan memungkinkan mempercepat pengentasan kemiskinan terutama di daerah pesisir," tambah dia.

Sistem yang sama, kata Khofifah, juga akan diterapkan di daerah yang memiliki potensi perkebunan dan pertanian. Menurutnya, teknologi olah dan kemas hasil perkebunan dan pertanian juga mudah dan tak mahal.

"Saya ini sering sekali ke Tapal Kuda. Kalau musim nangka di Lumajang itu murah sekali nangka karena langsung dijual. Kemudian pisang, belimbing, nanas. Hasil-hasil pertanian ini kan bisa diolah jadi kripik yang berkualitas," ungkap Khofifah.


"Pindad punya kemampuan itu sejak lama, sejak saya menteri Zaman Gus Dur sudah mengenal itu dan saya coba di Demak, Pati dan Lumajang. Sekarang harus lebih banyak lagi yang mendapat support peralatan dan pelatihan. APBD dan Dana Desa memungkinkan dimanfaatkan untuk itu," sambungnya.

Selain ekonomi, Khofifah juga menyinggung usaha menurunkan kematian ibu. Angka kematian tersebut tertinggi karena kanker payu dara.

"Layanan kesehatan perempuan harus dikuatkan sisi promotifnya, sisi preventifnya, juga sisi penguatan gizi terutama ibu hamil," ungkap Khofifah.

Ia juga akan fokus pada pendidikan perempuan. Perempuan yang tak terjangkau pendidikan formal baik karena sudah berkeluarga maupun karena lokasinya yang jauh dari pusat pendidikan, akan diberikan vocational training bila Khofifah dipercaya menjadi Gubernur Jatim.

Khofifah Tawarkan Program Petik Olah Kemas Jual untuk Perempuan JatimFoto: Khofifah Indar Parawansa. (Muhajir Arifin/detikcom)

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Khofifah juga didoakan menang dalam kontestasi Pilgub.

"Dari pidato-pidatonya yang kami ikuti, Bu Khofifah ini pidatonya penuh muatan, penuh gagasan dan berkelanjutan. Sementara yang lainnya saya kira banyak guyonan," ujar Pengasuh Pondok Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim.

Dia berharap agar pasangan Khofifah-Emil Dardak bisa memenangkan kontestasi Pilgub Jatim. "Semoga Khofifiah dan Emil Dardak terkabul menjadi gubernur. Jadi pemimpin yang amanah dan adil," tutupnya.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed