DetikNews
Minggu 14 Januari 2018, 04:06 WIB

Cerita Warga Ambon Beli Motor dengan Uang Koin

Muslimin Abas - detikNews
Cerita Warga Ambon Beli Motor dengan Uang Koin Foto: Koin untuk beli motor di Ambon. (Abas/detikcom).
Ambon - Salah satu warga Kota Ambon, Maluku, membeli motor Honda tipe Revo Fit seharga Rp 18 juta dengan uang koin. Uang tersebut dikumpulkan dalam satu tahun.

Adalah Helky Brando Veerman yang datang membawa uang koin pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 ke dealer motor di Kota Ambon pada Sabtu (13/1/2018) malam. Uang koin tersebut dibawa dengan kardus bekas bungkus minuman mineral.

Kedatangan Helky tersebut tidak membuat pihak dealer kaget. Mereka juga tidak menolak karena sudah dua kali menerima konsumen membeli motor dengan uang koin.

Cerita Warga Ambon Beli Motor dengan Uang KoinFoto: Koin untuk beli motor di Ambon. (Abas/detikcom).

Motor yang dibeli Helky juga tidak dipakai untuk pribadi. Kendaraan roda dua itu dibeli untuk operasional Gereja.

"Ini sudah dua kali, tahun lalu juga ada membawa tiga karton uang koin untuk beli motor. Nah barusan orangnya lain juga cuma bawa duit koin satu karton dengan pecahan uang Rp 500 dan Rp 1.000 rupiah dengan jumlah Rp 5,5 juta. Sisanya uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu," ungkap Office Head dealer tersebut, I Nyoman Parsana.

Cerita Warga Ambon Beli Motor dengan Uang KoinFoto: Koin untuk beli motor di Ambon. (Abas/detikcom).

Nyoman menambahkan, selain tabungan Helky, ada juga tabungan beberapa orang yang telah terkumpul selama satu tahun disumbangkan untuk membeli motor bagi operasional gereja. Sumbangan diberikanan secara sukarela dan dikumpulkan lewat tabungan itu.

Di dealer itu, uang koin pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 dihitung oleh pegawai dealer. Butuh waktu tiga jam dengan tiga petugas untuk menghitung uang koin tersebut.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed