DetikNews
Sabtu 13 Januari 2018, 13:15 WIB

Panglima TNI: Basarnas Ladang Ibadah, Tingkatkan Profesionalisme

Eva Safitri - detikNews
Panglima TNI: Basarnas Ladang Ibadah, Tingkatkan Profesionalisme Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kantor Pusat Basarnas (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Badan SAR Nasional (Basarnas) adalah ladang ibadah. Dia berharap para anggota Basarnas terus meningkatkan profesionalisme.

Marsekal Hadi datang meninjau Kantor Pusat Basarnas, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018) pagi. Dia mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam.

Dalam sambutannya, Hadi memuji Basarnas. Menurutnya ada banyak perubahan di tubuh Basarnas di bawah kepemimpinan Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi, terutama dari segi kecanggihan peralatan SAR dan juga personelnya.

"Memang banyak sekali perubahan yang sudah dilakukan oleh Kepala Basarnas, memang beda jadi Kepala Basarnas zaman now banyak bikin suatu perubahan yang bersifat wow," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]




Hadi mengatakan, bekerja di Basarnas adalah tugas panggilan kemanusiaan. Orang-orang yang berada di Basarnas haruslah cakap fisik dan rohaninya.

"Kita tugasnya adalah tugas kemanusiaan. Jadi badan ini harus bersih, harus sering bersuci, berwudu, membersihkan diri, sehingga kalau ada permasalahan kita segera bisa membantu. Di sini lah tempatnya ladang ibadah, di sini lah tempatnya kalau kita ingin masuk surga. Karena apa? Seluruh rakyat Indonesia, seluruh turis yang datang, semua mengharapkan profesionalisme dari anggota Basarnas," jelas Hadi.

Hadi mengatakan, sistem SAR di Basarnas kini sudah canggih dengan komputerisasi. Peralatan SAR-nya juga mumpuni. Namun, lanjut dia, itu tidak akan ada gunanya jika sumber daya manusia (SDM) di Basarnas tidak ikut ditingkatkan.

"Apabila kita bisa melakukan itu (tugas SAR-red) dengan tingkat profesionalisme yang tinggi, maka nama Indonesia akan terangkat dan saat ini nama Basarnas sudah mengangkat nama Indonesia bahwa Basarnas adalah yang terbaik," pujinya.


"Untuk itu saya mengingatkan sebagai keluarga besar Basarnas, mari kita jaga profesinalisme itu, kita jaga peralatan, kita jaga tugas pokok yang diberikan kepada kita semua. Saya ikut merasakan betapa bangganya menjadi keluarga Basarnas apalagi kita memiliki satu pasukan khusus Basarnas Special Group yang semuanya menjadi harapan kita untuk bisa melakukan tugas yang terbaik," sambungnya.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed