DetikNews
Sabtu 13 Januari 2018, 12:20 WIB

Istri Anies Baswedan Hadiri Peluncuran Buku Batik Inez Mardiana

Zunita Amalia Putri - detikNews
Istri Anies Baswedan Hadiri Peluncuran Buku Batik Inez Mardiana Ketua Dekranasda DKI yang juga istri Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis, hadir di peluncuran buku Inez Mardiana. (Zunita/detikcom)
Jakarta - Desainer Inez Mardiana mengadakan acara peluncuran buku berjudul 'Warisan Busana Inez Mardiana'. Buku itu dimaksudkan untuk melestarikan tradisi busana tradisional bagi kalangan anak muda Indonesia.

Acara dimulai pukul 10.50 WIB, Sabtu (13/1/2018), di Museum Tekstil, Jl Aipda Ks Tubun Raya, Palmerah, Jakarta Barat.

Dalam acara ini terlihat juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional DKI (Dekranasda) Jakarta Fery Faharti Ganis, yang merupakan istri Gubernur DKI Anies Baswedan; Nanny Hadi Tjahjanto, yang merupakan istri Panglima TNI; serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati. Para undangan dan tamu yang hadir terlihat serempak memakai baju atasan kebaya dan kain batik.
Istri Anies Baswedan Hadiri Peluncuran Buku Batik Inez MardianaAcara peluncuran buku karya Inez Mardiana, 'Warisan Busana Inez Mardiana'. (Zunita/detikcom)


"Acara ini dalam rangka melestarikan busana tradisional, berbusana nenek moyang sebagai suatu bangsa. Pembelajaran busana ini penting untuk anak muda, dan juga tepat hari ini adalah ulang tahun suami saya dan saya mempersembahkan 70 desain kebaya bordir," tutur Inez kepada wartawan di lokasi.

Inez juga berharap karya yang dia kerjakan dapat berguna untuk masyarakat. "Mereka yg menyenangi desain saya, saya ucapkan terima kasih. Dan semoga karya saya ini bisa berguna bagi masyarakat," imbuh dia.

Sementara itu, Fery dalam sambutannya berharap anggota Dekranasda mengikuti jejak Inez dalam membuat karya-karya busana tradisional.

"Kami dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI Jakarta merasa sangat beruntung bisa mendapat kehormatan menjadi bagian dari karya-karya Bu Inez, diharapkan anggota Dekranasda dapat mengikuti langkah-langkah Ibu Inez," jelas dia.
Istri Anies Baswedan Hadiri Peluncuran Buku Batik Inez MardianaProsesi di acara ini (Zunita/detikcom)

"Dekranasda saya harap dengan hampir 300 anggota yang lain akan muncul Ibu Inez yang lain yang akan terus melanjutkan berkarya," sambung Fery.

Selain peluncuran buku 'Warisan Busana', ada peragaan 70 busana karya Inez yang akan ditampilkan beberapa model di panggung busana yang sudah disiapkan.

Inez Mardiana (70) merintis karya sebagai desainer di bidang seni kebaya bordir sejak 1986. Dalam karya busana kebaya yang dihasilkan, Inez lebih mengembangkan kebaya bermotif filosofis, seperti motif wayang, si Pitung, dan flora-fauna Jakarta.
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed