DetikNews
Jumat 12 Januari 2018, 13:31 WIB

Lantik Pejabat Baru, Gubernur Banten: Bukan Pendukung Saya

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Lantik Pejabat Baru, Gubernur Banten: Bukan Pendukung Saya
Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim melantik 5 pejabat eselon II hasil lelang jabatan. Ia mengklaim kelimanya adalah ranking teratas ujian dari pansel.

Selain itu, kelimanya juga bukan mantan pendukung saat Pilgub atau pendukung mantan gubernur sebelumnya, Rano Karno.

"Tinggalkan semangat kedaerahan. Pendukung saya bukan, bukan orang WH (Wahidin) atau orang Rano, buang dalam pikiran kita," katanya di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Jumat (12/1/2018).

Kelima pejabat eselon II yang dilantik antara lain, M Yusuf sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan yang sebelumnya bertugas di Kemendagri, Komarudin menjadi Kepala BKD yang sebelumnya dari Pemkab Tangerang. Ade Ariyanto menjadi Kepala Kesbangpol, Gunawan Rusmianto sebagai Kepala Biro Pemerintahan, dan Nana Suryana Kepala Biro Bina Infrastruktur yang sebelumnya adalah pejabat di lingkungan Pemprov Banten.

Menurut Wahidin, gubernur sebetulnya memiliki hak preogatif untuk memilih siapa yang akan menjabat sebagai eselon II atau kepala SKPD. Namun, itu pun menurutnya harus berdasarkan tes yang dilakukan panitia seleksi. Baik melalui tes wawasan, psikotes, dan kemampuan merespon dan menguasai tugas pokok serta pengalamannya.

"Saya mendengarkan pertimbangan pansel, pertimbangan wakil gubernur," ujarnya.

Selain itu, Wahidin juga mengaku bahwa dirinya yang menentukan pilihan berdasarkan orang-orang yang responsif dan mau bekerja untuk Banten. Ia tidak ingin kerja sama dengan orang yang tidak responsif, integritas dan susah diajak kerja sama.

"Jangan profit oriented tapi prestasi kerja dan kinerja. Tidak ada lagi ego dinas, tapi money follow program," paparnya.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed