DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 18:43 WIB

Pekan Depan, Golkar Kirim Nama Pengganti Novanto ke Pimpinan DPR

Tsarina Maharani - detikNews
Pekan Depan, Golkar Kirim Nama Pengganti Novanto ke Pimpinan DPR Airlangga Hartarto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Rapat pleno Fraksi Golkar hari ini menghasilkan beberapa keputusan. Salah satunya mengirimkan nama pengganti Ketua DPR sebelum revisi UU MD3 selesai.

"Nanti akan dilihat lagi tapi yang jelas kita akan kirim pimpinan DPR dulu," ucap Ketum Golkar Airlangga Hartarto setelah memimpin rapat Fraksi Golkar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Sementara itu, Sekjen Golkar demisioner Idrus Marham juga turut angkat bicara mengenai hal tersebut. Ia mengatakan pengiriman nama Ketua DPR dari Golkar tidak harus menunggu revisi UU MD3.

"Yang paling penting saya kira adalah bahwa pengisian Ketua DPR dari Golkar tidak harus menunggu selesai atau tidak selesai revisi UU MD3. Sehingga dengan demikian kita ingin semakin cepat semakin baik mengisi posisi Ketua DPR yang ditinggalkan Bung Setya Novanto," kata Idrus di lokasi yang sama.


"Secara prinsipil, Golkar menginginkan itu diselesaikan dengan baik dan teknisnya diserahkan kepada pimpinan fraksi untuk melakukan komunikasi bersama dengan pimpinan fraksi lain untuk membicarakan," tambahnya.

Idrus menyampaikan paling lambat pekan depan partainya akan mengirimkan nama calon Ketua DPR kepada pimpinan DPR. Dia meminta nama itu nantinya segera diproses.

"Kita ingin paling lambat sudah mengirim surat baru kepada pimpinan DPR dan menugaskan kepada pimpinan DPR dan fraksi untuk segera memproses pada minggu yang akan datang," ujar Idrus.


Sebelumnya diberitakan, Golkar ada kemungkinan tak akan mengirimkan nama Ketua DPR baru dalam waktu dekat. Golkar menunggu Badan Legislasi DPR selesai merampungkan revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3) sebelum mengirimkan nama Ketua DPR baru.

Terkait bursa Ketua DPR, sejumlah nama santer beredar. Mereka di antaranya Ketua Banggar DPR Aziz Syamsuddin, Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Sekretaris F-Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua Komisi II Zainudin Amali.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed