DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 15:13 WIB

Mendagri: Arahan Jokowi, Pilkada Sukses Jika Partisipasi di Atas 80%

Andhika Prasetia - detikNews
Mendagri: Arahan Jokowi, Pilkada Sukses Jika Partisipasi di Atas 80% Mendagri Tjahjo Kumolo (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo terkait Pilkada Serentak 2018 dalam rapat gabungan di DPR. Tjahjo menuturkan tingkat partisipasi dalam pilkada menjadi indikator kesuksesan.

"Arahan Pak Jokowi, pilkada sukses kalau tingkat partisipasi politik menambah, bisa di atas 70 dan 80 persen," kata Tjahjo dalam rapat gabungan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Tjahjo berharap tak ada praktik politik uang dalam pilkada. Ia meminta pilkada dijadikan ajang adu konsep calon kepala daerah.


"Mari lawan politik uang agar pembangunan kesejahteraan, mari kampanye adu konsep, mari kita lawan kampanye fitnah. Saya kira aturan UU yang ada, saya kira Pak Ketua KPK dan Kejaksaan punya resep agar jangan ada politik uang," jelas Tjahjo.

Ia menambahkan, pada April dan Mei mendatang, akan digelar rapat koordinasi Pilkada 2018. Rapat digelar untuk konsolidasi supaya pilkada berjalan kondusif.


"Yang kami sampaikan DP4 sudah diserahkan KPU, stabilitas politik cukup optimis. Awal bulan depan ada rakor gubernur. Lalu, April-Mei rakor 171 daerah pilkada dari kapolda, kajati, dandim, semua kami undang dan ada arahan langsung KPK, Kapolri, Panglima TNI agar tahapan konsolidasi bisa jalan dengan baik," papar Tjahjo.

DPR saat ini tengah menggelar rapat gabungan terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dengan berbagai instansi, seperti KPU, TNI, Kejaksaan Agung, Polri, dan KPK. Selain Tjahjo, rapat yang dipimpin Plt Ketua DPR Fadli Zon itu dihadiri di antaranya oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ketua KPK Agus Rahardjo.
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed