DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 14:27 WIB

MK Putuskan Ambang Batas Capres 20%, Mendagri: Sesuai Konstitusi

Andhika Prasetia - detikNews
MK Putuskan Ambang Batas Capres 20%, Mendagri: Sesuai Konstitusi Mendagri Tjahjo Kumolo (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyambut baik putusan MK soal ambang batas capres tetap sebesar 20 persen. Menurut Tjahjo, angka tersebut sesuai dengan konstitusi.

"Masalah persentase itu sesuai konstitusional dan tak langgar UUD. Saya kira wajar, tiap orang punya hak berbeda, putusan pemerintah dengar aspirasi dan UU dan MK putuskan itu atas dasar konstitusional," ujar Tjahjo kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1/2018).


Tjahjo juga menanggapi putusan MK soal verifikasi parpol peserta pemilu. Menurutnya, proses verifikasi parpol sejauh ini tak ada hambatan.

"Hasil komunikasi kemarin dengan Bawaslu masih ada 7 proses, tak mengganggu. Konsolidasi ini, sudah selesai pilkada, 1 Oktober dasar ajukan capres bagaimana tak ada perubahan dan putusan MK. Tahapannya sudah runtun," kata Tjahjo.


Sebelumnya, Ketua MK Arief Hidayat menolak gugatan terkait angka presidential threshold (PT). Angka dalam PT digugat oleh Ketum Partai Idaman Rhoma Irama.

"Permohonan pemohon pasal 222 tidak beralasan menurut hukum," ujar Ketua MK Arief Hidayat dalam sidang putusan di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Kamis (11/1) tadi.
(dkp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed