DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 14:15 WIB

Golkar Didorong Setor Nama Calon Ketua DPR ke KPK, Berani?

Andhika Prasetia - detikNews
Golkar Didorong Setor Nama Calon Ketua DPR ke KPK, Berani? Foto: dok. detikcom
Jakarta - Partai Golkar tengah menggodok nama calon Ketua DPR. Sebelum menetapkan itu, Golkar diminta menyetor kandidat tersebut ke KPK untuk diperiksa rekam jejaknya.

"Kalau Ketua DPR yang memang jatah Golkar dan itu inisiatif harus muncul dari Golkar dan terobosan bagus agar Golkar punya calon yang berlegitimasi dari sisi integritas," kata peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia, Lucius Karus kepada wartawan, Kamis (11/1/2018).


Lucius mengatakan, pemeriksaan rekam jejak di KPK penting untuk mengecek apakah calon Ketua DPR sudah terseret sebuah kasus hukum atau sebaliknya. Selain itu, calon Ketua DPR harus meng-update harta kekayaannya.

"Yang paling penting rekam jejak dan harta kekayaan penting karena itu pintu masuk figur itu layak atau tidak. Itu jadi alat penilaian integritas walau ada indikator lain seperti perilaku," ucap Lucius.


Harapannya, calon Ketua DPR yang baru benar-benar kredibel dan bersih dari kasus hukum setelah dicek oleh KPK. Apalagi, Golkar mengusung tagline 'Golkar Bersih' di bawah komando Airlangga Hartarto.

"Yang mendesak itu untuk saya agar memiliki efek berbeda yaitu periksa harta kekayaan agar Golkar memiliki Ketua DPR yang antitesis dari Setya Novanto," sebutnya.

Sampai saat ini, Golkar belum mengumumkan Ketua DPR yang baru. Sejumlah nama yang masuk bursa adalah Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang, Aziz Syamsuddin, dan Zainudin Amali.
(dkp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed