DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 12:18 WIB

Sidang Setya Novanto

Saksi Sebut Dolar yang Ditransfer Keponakan Novanto dari Mauritius

Faiq Hidayat - detikNews
Saksi Sebut Dolar yang Ditransfer Keponakan Novanto dari Mauritius Setya Novanto menyimak keterangan saksi di sidang (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Riswan menyebut uang yang ditransfer keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, berasal dari Mauritius. Uang yang ditransfer Irvanto itu merupakan dolar yang akan dibarter.

Awalnya, Riswan, yang merupakan karyawan money changer, mengaku tidak tahu dolar yang ditransfer Irvanto berasal dari Mauritius. Namun dia baru ingat ketika diingatkan penyidik KPK dalam proses penyidikan.

"Dengar dulu, 'seingat saya dari Mauritius'. Itu kan sudah lama sampai dibilang Pak Riswan. Tahu nggak ini dari mana?" tanya hakim kepada Riswan dalam sidang terdakwa Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).


"Kata penyidik ini dari luar negeri. Saya baru ingat," jawab Riswan.

Riswan mengatakan Irvanto-lah yang memberitahunya bahwa dolar itu berasal dari Mauritius. Setelah itu, hakim menanyakan apakah Riswan juga tahu tentang Biomorf, yang dijawab Riswan tidak tahu.

"Pernah dengar Biomorf?" tanya hakim.

"Tidak pernah, saya berani sumpah demi Allah," jawab Riswan.

Dalam surat dakwaan Novanto, dana dalam pemberian fee kepadanya diambil dari bagian pembayaran PT Quadra Solution kepada Johannes Marliem melalui perusahaan Biomorf Mauritius dan PT Biomorf Lone Indonesia. Duit itu ditransfer ke rekening Made Oka Masagung di Singapura, yang diteruskan ke Novanto.

"Untuk itu, Johannes Marliem akan mengirimkan beberapa invoice kepada Anang Sugiana Sudihardjo sebagai dasar untuk pengiriman uang, sehingga seolah-olah pengiriman uang tersebut merupakan pembayaran PT Quadra Solution kepada Biomorf Mauritius atau PT Biomorf Lone Indonesia," sebut jaksa KPK dalam surat dakwaan itu.
(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed