DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 00:12 WIB

Ical Dukung Novanto Ajukan JC dalam Kasus e-KTP

Denita Br Matondang - detikNews
Ical Dukung Novanto Ajukan JC dalam Kasus e-KTP Aburizal Bakrie (Hasan Alhabshy/detikcom)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical mendukung terdakwa Setya Novanto mengajukan permohonan menjadi justice collaborator (JC) dalam kasus korupsi proyek e-KTP. Ical berharap kasus korupsi itu segera dibuka.

"Ya, saya mendukung semuanya yang terbaik untuk bangsa-negara ini, biar terbuka semuanya," ucap Ical di setelah menjenguk Ade Komarudin di RSPAD Gatot Soebroto, Jalan dr Abdul Rahman Saleh, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Seperti diketahui, Novanto mengajukan permintaan menjadi JC kepada KPK. Namun KPK akan mempelajari permohonan JC mantan Ketum Golkar itu terlebih dulu.


"SN sudah mengajukan surat secara resmi untuk memohon jadi JC. Tentu surat itu kita terima dulu. Kami membaca dan mempelajari serta menimbangkan hal tersebut," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Rabu (10/1).


Novanto mengajukan permohonan menjadi JC dengan alasan akan bekerja sama dengan KPK untuk mengungkap pelaku kasus proyek e-KTP. Permohonan JC sendiri harus melihat syarat, yakni yang bersangkutan mengakui perbuatan, mau bekerja sama, dan pelaku mau membuka keterlibatan aktor besar.

"Sudah kami susun draf JC. Alasannya ya apa saksi pelaku bekerja samalah. Pastilah (bongkar pelaku) akan mengungkap," kata kuasa hukum Setya Novanto, Firman Wijaya, kepada detikcom.
(elz/elz)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed