DetikNews
Rabu 10 Januari 2018, 18:40 WIB

Diusung PDIP-Gerindra, John Wempi-Melkias Daftar Pilgub Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Diusung PDIP-Gerindra, John Wempi-Melkias Daftar Pilgub Papua Foto: Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae resmi mendaftar ke KPU Papua. (Wilpret-detikcom)
Jakarta - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae resmi mendaftar ke KPU Papua. Keduanya mendaftar ke KPU dengan diarak ribuan pendukung.

Pasangan yang menamakan diri dengan pasangan "Josua" itu diarak menuju Kantor KPU Papua, Jalan Soa-Siu, Dok II, Kota Jayapura, Rabu (10/1/2018). Keduanya diarak dengan parade budaya Nusantara.
Diusung PDIP-Gerindra, John Wempi-Melkias Daftar Pilgub PapuaFoto: Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae resmi mendaftar ke KPU Papua. (Wilpret-detikcom)
Pendukung yang terdiri dari simpatisan, warga, hingga penari budaya Nusantara ikut mengantarkan Josua dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. John Wempi memilih berjalan dengan pasangannya, sementara Melkias memilih naik perahu laut di teluk Yos Sudarso menuju Kantor KPU Papua yang dekat dengan Pantai Dok 2, Kota Jayapura.


Pasangan Josua diusung PDIP dan Gerindra dengan 13 kursi di DPRD Papua. Selain itu ada juga partai pendukung seperti Perindo dan PBB. Sebelum mendaftar ke KPU Papua, pasangan Josua terlebih dahulu mendeklarasikan diri di Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Senin (8/1) lalu. Keduanya juga mendeklarasikan maju ke Pilgub Papua di Taman Imbi, Kota Jayapura hari ini.


Sementara itu Ketua KPU Papua Adam Arisoi menyatakan nantinya dapat dites kesehatan setelah KPU memeriksa kelengkapan pendaftaran. "Setelah kami melakukan pemeriksaan perlengkapan pendaftaran dan semuanya terpenuhi dengan lengkap, maka pasangan Calon Gubernur John Wempi Wetipo dan Calon wakil gubernur Habel Melkias Suwae yang diusung Partai PDIP dan Gerindra dengan 13 kursi dapat mengikuti Pilkada Gubernur Papua 2018," ujar Adam.
(nvl/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed