DetikNews
Rabu 10 Januari 2018, 07:30 WIB

Lukas Enembe-Klemen Daftar ke KPU Papua Pakai Topi Kepala Suku

Wilpret Siagian - detikNews
Lukas Enembe-Klemen Daftar ke KPU Papua Pakai Topi Kepala Suku Lukas Enembe-Klemen Daftar ke KPU Papua Pakai Topi Kepala Suku (Foto: wilpret siagian)
Jakarta - Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) resmi mendaftar ke KPU Provinsi Papua. Keduanya datang dengan memakai topi kepala suku besar Pegunungan Tengah Papua.

Lukas Enembe dan Klemen Tinal merupakan petahana yang kembali berpasangan dalam Pilgub Papua dan diusung oleh 9 partai koalisi dengan 42 kursi di DPR Papua yakni Partai Demokrat 16 kursi, Golkar 6 kursi, Hanura 5 kursi, PKB 5 kursi, Nasdem 3 kursi, PKS 3 kursi, PAN 2 kursi, PKPI 2 kursi dan PPP 1 kursi.

Saat pendaftaran, Selasa (9/1/2018) sore, paslon 'Lukmen' itu, diiringi ratusan warga yang ikut mengantarkan ke Kantor KPU Provinsi Papua yang bersebelahan dengan Kantor Gubernur Provinai Papua di Jln Sio Siu dok 2 kota Jayapura, Papua.

Warga menggunakan pakaian suku pengunungan Papua yang dikenal dengan koteka dilengkapi dengan panah dan tombak dengan diiringi tarian dan nyanyian khas Papua.

Provinsi Papua sendiri memiliki kekhususan dari UU Pemilukada, karena di Papua memiliki UU Otsus, di mana Pemiihan Gubernur/Wakil Gubernur diatur lagi dengan Perdasus tentang dukungan parpol minimal 15 persen suara dari jumlah kursi atau 15 persen dari suara sah di DPR Papua.

"Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua memiliki spesialis dari UU Pemilukada, karena di Papua memiliki UU Otsus, di mana Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur diatur lagi dengan Perdasus tentang dukungan parpol minimal 15 persen suara dari jumlah kursi atau 15 persen dari suara sah di DPR Papua," ujar anggota KPU Provinsi Papua Tarwinto.

Dengan demikian, untuk satu pasangan Balon Gubernur-Wakil Gubernur Papua cukup diusung Partai dengan 9 kursi.

"Untuk pasangan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur, Lukas Enembe dan Klemen Tinal yang diusung 9 partai koalisi dengan 42 suara, sudah cukup malah melebih jumlah sebagaimana yang diisyaratkan UU Pemilukada," ujar Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoi saat membacakan hasil klarifikasi dukungan partai pengusung saat pendaftaran di KPU Papua, Selasa (9/1/2018) malam.

Berkas dari pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal pun telah diterima KPU Provinsi Papua dan akan diberikan waktu untuk melengkapi jika ada persyaratan yang kurang. Setelah melengkapi seluruh berkas proses pencalonan maka cagub dan cawagubakan direkomendasikan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Dok 2 Jayapura.

"Kalau masih ada persyaratan pendaftaran yang belum lengkap supaya dipenuhi paling lambat besok pukul 12.00 Wit," kata Adam Arisoi.
(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed