Usai Cuci Muka Pakai Air Laut, Jokowi Beli Kain Khas Rote

Ray Jordan - detikNews
Selasa, 09 Jan 2018 10:13 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Pulau Rote (Agus Suparto/Biro Pers Setpres)
Jakarta - Setelah berjalan-jalan di pinggir pantai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninggalkan lokasi tempat dia menginap. Di perjalanan, Jokowi menyempatkan diri mampir membeli kain khas Rote.

Baru sekitar 1 kilometer meninggalkan lokasi, Jokowi dan Ibu Negara Iriana berhenti di depan rumah warga yang menjual berbagai kerajinan khas Rote. Lokasi itu berada di Jl Nemberala, Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Rote Ndau, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/1/2018).

Jokowi, yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan selempang kain khas Rote, melihat-lihat hasil kerajinan yang dijajakan. Mulai dari topi tilangga khas Rote, alat musik sasando, dan berbagai pernak-pernik.


Jokowi dan Iriana kemudian masuk ke tenda yang menjajakan kain khas Rote yang biasa digunakan untuk selimut dan selempang. Di sana Iriana melihat cara menenun kain khas Rote tersebut.

"Ini nenunnya bisa tiga hari," kata Iriana kepada Jokowi.

"Iya, ini bagus, bagus banget," kata Jokowi.

Iriana kemudian membeli selembar kain selimut khas Rote. Kain tersebut berharga Rp 600.000.


Jokowi juga sempat berdialog dengan perajin. Para perajin mengeluhkan soal minimnya fasilitas untuk menjajakan hasil kerajinan mereka. Untuk diketahui, perajin ini menjajakan hasil kerajinan mereka di tempat seadanya, di teras dan halaman rumah. (rjo/hri)