DetikNews
Senin 08 Januari 2018, 17:05 WIB

Pilgub Jatim 2018

Belum Terima Pengunduran Diri Anas, PDIP Siapkan Opsi Calon Lain

Dwi Andayani - detikNews
Belum Terima Pengunduran Diri Anas, PDIP Siapkan Opsi Calon Lain Abdullah Azwar Anas. (Foto: Ardian Fanani-detikcom).
Jakarta - Abdullah Azwar Anas mengembalikan surat mandat sebagai bakal calon wakil gubernur Jatim ke PDI Perjuangan. Meski belum menerima pengunduran diri Anas, PDIP tetap membuka peluang untuk calon lain sebagai pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Namanya opsi selalu ada," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di depan kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018). Hasto menyatakan hal tersebut saat ditanya apakah PDIP akan menerima pengunduran diri Anas.

Menurut Hasto, pengunduran diri Anas harus dibahas dalam rapat khusus PDIP. Meski begitu, PDIP sudah siap membuka diri untuk calon lainnya sebagai pengganti Anas.


"Kami katakan membahas hal yang strategis, kami putuskan melalui rapat. Kan sejak dulu ada dua opsi. Tapi sekarang kami membuka diri untuk mereka yang terpanggil untuk berdedikasi," jelas Hasto.

"Keputusan kami menerima (pengunduran diri Anas) atau belum, itu belum diambil dari rapat partai. Kami juga membuka diri atas opsi yang lain itu," tambahnya.

Hasto menyebut hubungan PDIP dengan PKB di Pilgub Jatim tetap baik-baik saja menyusul pengunduran diri Anas itu. Dia juga membantah sore ini ada pertemuan bersama Gus Ipul di rumah Megawati untuk membahas hal tersebut.

Belum Terima Pengunduran Diri Anas, PDIP Siapkan Opsi Calon LainHasto Kristiyanto. (Foto: Ari Saputra/detikcom).

"Nggak ada, nggak ada Gus Ipul, sama sekali nggak ada. Belum (ada pembicaraan lagi). Kami baru membantu mereka yang akan mendaftarkan diri," tutur Hasto.

Dia menyatakan masih ada waktu untuk menyelesaikan urusan Pilgub Jatim. Pendaftaran pasangan calon akan ditutup pada Rabu (10/1) lusa.

"Kalau Jawa timur masih ada waktu untuk berpikir, masih ada waktu untuk menimbang-nimbang. Semuanya juga dengan doa, sambil menunggu isyarat langit. (Sore ini) nggak ada (rapat), sudah selesai," paparnya.

Menurut Hasto, PDIP hari ini hanya fokus pada konsolidasi terhadap Pilkada yang koalisinya masih kekurangan kursi. Sekali lagi dia membantah ada pertemuan antara Gus Ipul dengan Megawati.


"Hari ini jadwal Ibu Megawati Soekarnoputri adalah menerima Mendagri bersama dengan seluruh jajaran dari IPDN. Tidak ada pembicaraan politik terkait pilkada. Jadi untuk Jawa Timur tunggu tanggal mainnya," ungkap Hasto.

"Kalau toh nanti kita terima Gus Ipul kami terima di kantor partai tapi kami sekarang juga belum berkomunikasi. Kita amankan dulu yang direkomendasi, Jawa Timur masih ada waktu," sambungnya.

Seperti diketahui, Anas mengembalikan surat mandat sebagai bakal cawagub Gus Ipul. PDIP mengklaim mundurnya Anas merupakan akibat dari black campaign.
(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed