DetikNews
Senin 08 Januari 2018, 16:08 WIB

Buruh Pabrik Tepung Terigu di Cilegon Mogok Kerja

M Iqbal - detikNews
Buruh Pabrik Tepung Terigu di Cilegon Mogok Kerja
Cilegon - Puluhan karyawan kontrak PT Nutrindo Bogarasa menggelar aksi mogok kerja di depan pabrik. Mereka menuntut kejelasan status untuk dijadikan karyawan tetap.

Mogok kerja rencananya digelar selama seminggu ke depan dimulai hari ini. Sebanyak 15 karyawan yang sudah bekerja selama 2 tahun terancam di-PHK lantaran tak ada kejelasan status.

Selama 2 tahun itu, mereka sudah 3 kali mendapatkan perpanjangan kontrak oleh perusahaan tetapi tak kunjung diangkat jadi karyawan tetap.

"Udah 2 tahun (kerja), 3 kali perpanjangan kontrak belum diangkat jadi karyawan. Uang makan tidak manusiawi, dapat apa Rp 8 ribu," kata salah seorang peserta aksi Fatahillah kepada wartawan di pabrik di Jalan Raya Anyer Kilometer 9, Kota Cilegon, Senin (8/1/2018).

Beberapa kali puluhan karyawan yang hari ini mogok kerja sudah berusaha mengadukan nasib mereka ke pihak manajemen perusahaan pabrik tepung terigu tersebut. Namun, manajemen hanya memberikan jawaban tergantung keputusan kantor pusat di Jakarta.

"Sudah pernah diadukan,tanggapan mereka dia mengikuti sistem di pusat di Jakarta," ujarnya.

Saat ini, karyawan yang melakukan aksi sedang mediasi bersama pihak perusahaan agar status mereka diangkat menjadi karyawan tetap.

Di lokasi, puluhan polisi dari Polres Cilegon terlihat berjaga-jaga untuk mengamankan aksi protes tersebut. 1 unit mobil water canon disiagakan di depan pabrik.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed