DetikNews
Senin 08 Januari 2018, 13:48 WIB

Nama Ketua DPR Baru akan Diumumkan Lewat Pleno DPP

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Nama Ketua DPR Baru akan Diumumkan Lewat Pleno DPP Ketua DPP Golkar demisioner Zainudin Amali. (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Golkar akan menunggu pembahasan revisi UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3) sebelum menyerahkan nama Ketua DPR yang baru. Soal penentuan nama Ketua DPR baru, Golkar akan memutuskannya lewat rapat pleno tingkat pusat.

"Saya kira ada mekanisme ya yang dilakukan di internal Partai Golkar, tetapi itu pasti akan diketahui oleh seluruh minimal pengurus dan itu akan diumumkan dan ditetapkan melalui pleno partai," ujar Ketua DPP Golkar demisioner Zainudin Amali di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2018).


Amali mengatakan rapat pleno Ketua DPR akan digelar dalam waktu dekat. Namun dia menyebut pleno akan digelar setelah segala hal tentang Pilkada Serentak 2018 selesai dibahas partainya.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto, kata Amali, sedang fokus menyelesaikan dan menentukan semua calon yang akan berlaga di 171 pemilihan kepala daerah 2018.


"Berarti sudah tidak lama lagi ya. Kan pelaksanaan pendaftaran sampai tanggal 10. Kita sekarang ini sedang konsentrasi kepada pelaksanaan pendaftaran ya partai-partai yang sudah mengusung calon, khususnya Partai Golkar," ucap dia.

Sampai saat ini, pucuk pimpinan DPR masih dijabat Fadli Zon selaku pelaksana tugas (Plt). Adapun beberapa nama yang masuk bursa Ketua DPR dari Golkar antara lain Agus Gumiwang (Sekretaris F-Golkar), Aziz Syamsuddin (Ketua Banggar DPR), Bambang Soesatyo (Ketua Komisi III DPR), dan Zainudin Amali (Ketua Komisi II DPR).
(gbr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed