DetikNews
Minggu 07 Januari 2018, 14:30 WIB

NasDem Serahkan SK Cagub ke Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo

Eva Safitri - detikNews
NasDem Serahkan SK Cagub ke Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo Ilustrasi Partai NasDem. (Foto: Ari Saputra/detikcom).
Jakarta - Partai NasDem menyerahkan surat keputusan (SK) rekomendasi untuk calon di Pilgub Jateng dan Jabar. Surat rekomendasi diberikan kepada Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.

Surat rekomendasi diberikan oleh Sekjen NasDem Johnny G Plate beserta jajaran. NasDem memutuskan mengusung Ganjar Pranowo-Taj Yasin di Pilgub Jateng, dan Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum untuk Pilgub Jabar.

"Setelah melalui proses politik yang panjang, NasDem mengusung kang Emil sebagai cagub dan dinamika politik yang semakin berkembang di pilkada 2018 yang ditandai berbagai macam drama akrobatik politik," ujar Johnny di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2018).

NasDem Serahkan SK Cagub ke Ridwan Kamil dan Ganjar PranowoFoto: Eva Safitri/detikcom

Johnny lalu membacakan SK Rekomendasi untuk Ridwan Kamil dan Uu. Dengan adanya SK itu, seluruh kader NasDem diwajibkan untuk bekerja memenangkan pasangan tersebut.

"Nama cagub RK, nama cawagub Uu. surat ini menginstruksikan DPW Partai NasDem Jabar bersama-sama koalisinya mendaftarkan paslon ini ke KPUD jabar serta secara aktif bersama-sama koalisi memenangkan calon ini," jelasnya.

Kemudian Johnny mengumumkan pasangan yang diusung NasDem di Pilgub Jateng. Partai besutan Surya Paloh itu memberikan SK rekomendasi untuk petahana Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan putra KH Maimoen Zubair, Taj Yasin atau Gus Yasin.

"Kami partai NasDem telah mengambil keputusan dengan menentukan pasangan calon. Cagub Ganjar Pranowo, wagub Taj Yasin," terang Johnny.

NasDem Serahkan SK Cagub ke Ridwan Kamil dan Ganjar PranowoNasDem beri rekomendasi ke Ganjar. Foto: Eva Safitri/detikcom

"Menginstruksikan dewan pimpinan daerah untuk bersama-sama dengan partai koalisi mendaftarkan pasangan di KPUD. Menggerakkan infrastruktur partai NasDem sampai di tingkat desa dan ranting untuk memenangkan calon ini," sambungnya.

Usai mendapat SK, Ridwan Kamil menyampaikan rasa senangnya. Dia juga berterima kasih kepada Ketua DPW NasDem Jabar, Saan Mustopa yang turut hadir dalam pemberian SK itu.

"Tidak ada lagi hal yang sangat luar biasa kecuali rasa bahagia bisa hadir hari ini adalah perjalan sangat panjang," ujar Ridwan Kamil dalam kesempatan yang sama.

Dia memastikan bersama Uu siap memimpin Jawa Barat dengan modal mereka dalam memimpin daerah. Seperti diketahui Ridwan Kamil saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Uu adalah Bupati Tasikmalaya.


"Pas kedua-duanya pemimpin daerah. Saya wali kota sehingga sangat jelas saya punya reputasi di perkotaan. Kami mohon doanya kepada 3 parpol lainnya, kami masih paling muda usianya," ucap pria yang akrab disapa Emil itu.

Kemudian Ganjar menjelaskan, walaupun di Jateng PDIP bisa mengusung pasangan sendiri tanpa koalisi, namun dukungan dari partai lain akan memberi tambahan energi. Apalagi menurutnya wilayah Jawa Tengah sangat luas.

"Tentu akan lebih sangat kuat dan penuh dengan energi membangun bangsa, daerah. Memegang teguh konstitusi akan terasa kalau dapat dukungan banyak warna dan dukungan bersama," tutur Ganjar.

"Dengan segala penuh hormat kami merasa energi ini makin kokoh dan makin membikin optimistis. Partai NasDem klop betul dengan kita," imbuh dia.
(elz/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed