DetikNews
Minggu 07 Januari 2018, 12:25 WIB

Pilgub Jateng 2018

Gus Yasin, Dilirik Sudirman Said Tapi Kini Sah Dipinang Ganjar

Sukma Indah Permana - detikNews
Gus Yasin, Dilirik Sudirman Said Tapi Kini Sah Dipinang Ganjar le PDIP usung Ganjar-Gus Yasin di Pilgub Jateng (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - PDIP telah sah mengusung Ganjar Pranowo dan putra KH Maimoen Zubair, Taj Yasin untuk Pilgub Jawa Tengah. Taj Yasin atau yang lebih dikenal Gus Yasin awalnya sempat dilirik Cagub Sudirman Said untuk menjadi wakilnya.

Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid juga mengaku bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan dua putra KH Maimoen Zubair yakni Gus Yasin dan Majid Kamil.

"Sudah, kami sudah berkomunikasi baik dengan keduanya. Mereka sangat siap. Tinggal Pak Said akan memilih siapa yang akan mendampingi," kata Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid kepada detikcom, Jumat (5/1).

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan partai koalisi dan bersepakat akan mengusung satu dari dua putra Mbah Maimun untuk menjadi pendamping Pak Sudirman Said," kata Wachid.



Wachid menjelaskan kedua nama itu dipilih karena selain berlatarbelakang NU, mereka juga memiliki pengalaman berpolitik dan duduk di legislatif.

Sudirman Said dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Ambhara Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (2/1) mengatakan ada sejumlah nama cawagub yang sudah dijaring untuk mendampinginya. Salah satunya Gus Yasin.

"Dari Rembang muncul 7 nama anak Mbah Maimun, kemudian Gus Yasin, saya kenal satu per satu, termasuk Gus Gofur," ucap Sudirman.

Beberapa orang lainnya yang disebutnya saat itu yakni Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), Rustriningsih, dan Gus Abdul Ghofur. Ada nama lain lagi yang disebut Sudirman seperti Waketum Gerindra Ferry Juliantono dan politikus Golkar Ariani Dewi.

Detikcom juga sempat meminta tanggapan soal pendekatan Sudirman Said tersebut, Selasa (2/1). Gus Yasin mengatakan perlu ada pembahasan lebih lanjut untuk mempertimbangkannya. Di antaranya adalah sikap partainya, PPP, apakah akan berkoalisi dengan partai-partai yang mengusung Sudirman Said.

"Kita berharap partai kita ikut koalisi di situ kalau memang itu clear," kata Gus Yasin..

"Yang diakui pemerintah, PPP di Mas Romy," imbuh anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Lebih lanjut, Gus Yasin mengatakan bahwa dirinya masuk dalam radar Sudirman Said sebagai wakilnya secara personal. Namun ia kembali menegaskan dirinya punya partai dan berharap agar partainya bisa ikut berkoalisi.

"Komunikasi politik dengan Pak Sudirman Said baik. Ada pembicaraan tetapi secara langsung kita masih dalam pembahasan," kata Gus Yasin.



Namun kini Gus Yasin telah dideklarasikan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi Cawagub Jateng mendampingi Ganjar Pranowo. Dalam kesempatan ini Gus Yasin ini tidak hadir di Kantor DPP PDIP.

"Anaknya Mbah Maimun, Mas Taj Yasin Maimun. Jadi Pak Ganjar sudah pasti ada wakilnya," ucap Megawati di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2018). Foto Gus Yasin lalu ditampilkan di layar.


(sip/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed