detikNews
Sabtu 06 Januari 2018, 09:00 WIB

Komisi VIII DPR Dukung Babeh Penyodomi 41 Anak Dihukum Kebiri

Ibnu Hariyanto - detikNews
Komisi VIII DPR Dukung Babeh Penyodomi 41 Anak Dihukum Kebiri Babeh menyodomi 41 anak di Tangerang, Banten. (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Polisi mempertimbangkan menjerat WS alias Babeh (49), pelaku sodomi terhadap 41 anak di Tangerang, dihukum kebiri. Komisi VIII DPR, yang membidangi masalah anak, mendukung hal tersebut.

"Saya pikir itu (hukuman kebiri terhadap Babeh) ide bagus," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mujahid dalam pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (6/1/2018).

Dia menambahkan, penerapan hukuman kebiri tersebut sudah diatur jelas dalam Undang-Undang Perlindungan Anak. Penerapan hukuman kebiri, menurutnya, akan memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

"Untuk edukasi dan pencegahan ke depan," ucap politikus asal Gerindra ini.

Sebelumnya, polisi mengatakan bisa saja Babeh dikenai hukuman kebiri kimia. Polisi akan mempelajari rencana penerapan hukuman kebiri kimia dan pemasangan alat deteksi.

"Hukuman tambah iya, kalau perlu kebiri kimia," kata Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Arif.

WS alias Babeh ditangkap karena menyodomi puluhan anak di Kabupaten Tangerang dengan iming-iming punya ajian semar mesem. Ajian ini dikenal sebagai mantra untuk memikat lawan jenis. Korban Babeh adalah bocah berusia 10-15 tahun. Babeh pun dijerat Pasal 82 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun.
(ibh/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed