DetikNews
Jumat 05 Januari 2018, 13:17 WIB

11 Penumpang Tewas Ditemukan, Polisi Buru Nakhoda Speedboat

Raja Adil Siregar - detikNews
11 Penumpang Tewas Ditemukan, Polisi Buru Nakhoda Speedboat
Palembang - Tim SAR gabungan berhasil menemukan 11 korban hilang pascatenggelamnya speedboat KM Awet Muda, yang membawa 55 penumpang, di perairan Sungai Musi. Seluruh korban ditemukan dalam kondisi terapung dan tewas.

"Sebelas korban sudah berhasil ditemukan dan teridentifikasi oleh keluarga masing-masing. Hanya saja, untuk proses administratif sedang dilakukan pendataan oleh rumah sakit. Identifikasi ini untuk proses klaim di asuransi juga nantinya," kata Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Robinson Siregar kepada wartawan di RS Bhayangkara Palembang, Jumat (5/1/2017).

Saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab speedboat tenggelam setelah diterjang ombak setinggi 1,5 meter. Hal ini untuk memastikan ada-tidaknya kelalaian yang dilakukan oleh serang (nakhoda), termasuk mencari keberadaan serang yang saat ini belum diketahui.

"Kenek speedboat Irawan alias Somad sudah dibawa ke kantor untuk pemeriksaan lebih lanjut atas terjadinya musibah ini. Sedangkan serang dari hasil pemeriksaan saksi-saksi dan kenek memang selamat, tetapi sekarang sedang dalam proses pencarian," sambungnya.

Sementara itu, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem mengatakan korban terakhir ditemukan di perairan Kecamatan Sungsang, Banyuasin. Korban ditemukan oleh masyarakat dan dilaporkan ke Polsek Sungsang.

"Penemuan korban terakhir oleh masyarakat di wilayah Muara Sungsang atau sekitar satu jam perjalanan dari lokasi speed kecelakaan. Setelah dievakuasi, kita bawa ke posko untuk memastikan apakah benar ini korban yang hilang atau tidak," kata Yudhi.

Setelah dilakukan pemeriksaan luar, diketahui bahwa benar korban merupakan salah satu penumpang yang hilang. Selanjutnya korban dibawa ke RS Bhayangkara untuk dicocokkan dengan pihak keluarga.

"Jadi ayah korban ini juga menjadi korban dan sudah ditemukan lebih dulu tidak jauh dari lokasi. Dengan ditemukannya korban di Sungsang, artinya seluruh korban sudah ditemukan," tutupnya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed