DetikNews
Jumat 05 Januari 2018, 09:17 WIB

Pengacara Jonru: Jaksa Tak Beri Tahu Jadwal Sidang Perdana

Mei Amelia R - detikNews
Pengacara Jonru: Jaksa Tak Beri Tahu Jadwal Sidang Perdana LBH Bang Japar yang menjadi kuasa hukum Jonru (Dok LBH Bang Japar)
Jakarta - Agenda sidang dakwaan Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting terkait kasus ujaran kebencian di PN Jakarta Timur pada Kamis (4/1) kemarin ditunda. Jonru meminta persidangan ditunda karena tidak mendapat pendampingan dari tim pengacara.

Direktur LBH Bang Japar Djudju Purwantoro yang selama ini mendampingi Jonru mengatakan pihaknya tidak mendampingi kliennya di persidangan karena jaksa penuntut umum (JPU) tidak memberi tahu terkait jadwal persidangan terlebih dahulu.

"Karena JPU tidak memberikan informasi secara formal kepada kuasa hukum. Maka kami akan protes dan Jonru (juga) minta sidang ditunda karena tidak didampingi kuasa, dan kuasa tidak diberitahu (soal agenda sidang)," papar Djudju dalam keterangannya, Jumat (5/1/2018).

Djudju mengatakan pihaknya mendapat pemberitahuan mendadak dari JPU terkait jadwal sidang itu. Seharusnya, kata dia, pengacara diberi tahu sepekan sebelum sidang digelar.

"Kami baru diberi tahu pada Rabu (3/1) malam, jadi dadakan sekali. Normalnya seminggu sebelum jadwal sidang," kata Djudju.

Meski demikian, tim penasihat hukum Jonru standby di ruang sidang sejak pagi. "Sejak pagi tim kuasa hanya standby di ruang sidang, tidak mau mengikuti sidang, karena tidak menerima pemberitahuan formal dari JPU," sambung Djudju.

Djudju mengatakan tidak diikutinya proses sidang dakwaan Jonru adalah bentuk protes dari pengacara. Di sisi lain, pihaknya juga mengancam akan melaporkan JPU karena dinilai tidak profesional.

"Kami akan layangkan protes dan laporkan JPU secara resmi kepada Komjak (Komisi Kejaksaan, Kejati DKI Jakarta, dan Kejagung," tandas Djudju.

Sedianya, agenda sidang dakwaan Jonru digelar di PN Jaktim pada Kamis (4/1) kemarin. Namun sidang kemudian tidak dapat dilanjutkan dan ditunda karena Jonru tidak didampingi tim pengacara.
(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed