DetikNews
Jumat 05 Januari 2018, 06:43 WIB

Ada Duit Dolar dan Rupiah dalam OTT Bupati HST

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Ada Duit Dolar dan Rupiah dalam OTT Bupati HST Foto: Bupati HST, Abdul Latif saat tiba di KPK. (Nur Indah/detikcom).
Jakarta - KPK mencokok Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), Abdul Latif dalam operasi tangkap tangan (OTT) dan mengamankan duit ratusan juta rupiah. Menurut KPK, ada duit pecahan dolar Amerika dan rupiah yang diamankan dalam OTT itu.

"Sejauh ini tim juga masih melakukan perhitungan sejumlah uang yang diamankan di lokasi. Ada dalam bentuk rupiah dan USD. Sejauh ini juga diamankan sejumlah catatan perbankan yang diduga sebagai sebagai sarana transaksi," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (5/1/2018).


Enam orang yang terjaring, termasuk Abdul juga sudah dibawa ke KPK untuk menjalani pemeriksaan intensif. Siang ini akan dipastikan status hukumnya setelah gelar perkara.

"Setelah pihak yang diamankan diperiksa secara intensif, dilakukan gelar perkara untuk menentukan status hukum mereka. Hasilnya direncanakan akan diumumkan setelah jumatan ini," kata Febri.


KPK melakukan OTT jelang siang kemarin (5/1) di dua lokasi yaitu yaitu di Kalsel dan Surabaya. Ada enam orang yang diamankan.

Selain Abdul Latif, mereka yang diamankan dari Kalsel adalah Ketua Kadin HST Fauzan Rifani, Direktur PT Sugriwa Agung Abdul Basit, pejabat pembuat komitmen (PPK) Rudy Yushan, serta pengawas proyek Tukiman. Di Kalsel, KPK juga mengamankan uang ratusan juta rupiah.

Dalam operasi ini, diindikasi adanya penerimaan suap terkait pembangunan rumah sakit setempat di Kalsel. Nilai suap itu diperkirakan lebih dari Rp 1 miliar.
(nif/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed