DetikNews
Kamis 04 Januari 2018, 17:10 WIB

Demo Antipemerintah, Kemlu Pastikan WNI di Iran Aman

Seysha Desnikia - detikNews
Demo Antipemerintah, Kemlu Pastikan WNI di Iran Aman Demo di Iran. Foto: Reuters
Jakarta - Demonstrasi antipemerintah di Iran berlangsung rusuh hingga menewaskan 22 orang. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan WNI di Iran aman.

"Terkait dengan situasi di Iran, info yang diterima saat ini situasi sudah mulai mereda di sana kita WNI yang ada di sana juga aman," ujar juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir, di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Arrmanatha mengatakan, pihak KBRI sudah memberikan imbauan kepada WNI di Iran agar selalu berhati-hati. Jumlah WNI di Iran sekitar 320 orang.

"KBRI juga sudah memberikan imbauan agar WNI tidak terlibat dan selalu berhati-hati. Ada 320an WNI di Iran," ucapnya.

Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemlu RI, Ferdy Piay menyebut situasi di Iran sekarang sudah bisa dikendalikan. Menurutnya, mahasiswa yang bersekolah di Iran jauh dari tempat terjadinya konflik tersebut.

"Situasi sekarang sudah bisa dikendalikan. Pihak KBRI sudah mengeluarkan imbauan jumlahnya memang tidak terlalu banyak tapi ada beberapa mahasiswa yang bersekolah di sana tapi jauh dari tempat terjadinya konflik," jelas Ferdy.

Gelombang demonstrasi antipemerintah di Iran berlangsung rusuh dan menewaskan puluhan orang. Demonstrasi antipemerintah ini berlangsung sejak Kamis (28/12/2017).

Unjuk rasa ini awalnya dipicu oleh aksi memprotes perekonomian Iran yang memburuk, tapi kemudian bergeser menjadi seruan lengsernya rezim pemerintah Iran secara keseluruhan.
(nkn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed