ADVERTISEMENT

Pengacara: Novanto Siap Terima Apa Pun Putusan Sela

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 04 Jan 2018 09:34 WIB
Firman Wijaya (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya, menyebut kliennya siap jika eksepsinya ditolak hakim. Ia berharap dakwaan dibuat berdasarkan fakta yang sebenarnya dan bukan perkiraan.

"Pak Setya Novanto juga siap. Yang penting tidak ada mistic of law, yaitu dakwaan dibangun bukan atas dasar fakta-fakta kebenaran, tapi dibangun atas fakta kemungkinan, fakta perkiraan. Kami menghormati putusan sela itu nanti akan menerima eksepsi atau sebaliknya, menolak," ujar Firman di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Ia kembali menyoroti soal hilangnya sejumlah nama yang diduga ikut menikmati uang korupsi e-KTP dari dakwaan Novanto. Menurutnya, keberadaan nama-nama tersebut merupakan bagian dari kerja sama antarpelaku dalam kasus e-KTP.




"Namun yang kami inginkan ada preseden yang jelas akan nama-nama yang hilang itu. Itu fundamental. Itu menyangkut crime by participation. Konsep kerja sama antarpelaku jadi penting, karena ini menyangkut standing-nya Pak Novanto bekerja sama dengan nama-nama itu, tapi kemudian hilang nama itu. Dan ini ada kaitannya dengan kerugian negara. Jumlahnya cukup signifikan," ujarnya.

Novanto akan menjalani sidang putusan sela terkait eksepsi yang dibacakan pihaknya pada Rabu (20/12/2017). Dalam eksepsi itu, pihaknya mempermasalahkan hilangnya sejumlah nama yang diduga menerima aliran duit e-KTP.

Pihak jaksa pun telah memberi jawaban atas eksepsi Novanto itu. Mereka menganggap masalah nama-nama yang diprotes pihak Novanto merupakan bagian dari pokok perkara. (HSF/rvk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT