DetikNews
Kamis 04 Januari 2018, 01:38 WIB

Hujan Terus Guyur Aceh Utara dan Bener Meriah, Warga Was-was Banjir

- detikNews
Hujan Terus Guyur Aceh Utara dan Bener Meriah, Warga Was-was Banjir Banjir di Aceh Utara (Foto: dok. Istimewa)
Aceh - Hujan deras terus mengguyur Kabupaten Aceh Utara dan Bener Meriah sejak Rabu (3/1) sore. Warga di sejumlah kecamatan mulai was-was terhadap datangnya luapan air sungai kiriman hingga mengakibatkan banjir susulan.

"Hujan belum reda mulai sore tadi (Rabu, 3/1) hingga saat ini. Saya khawatir datangnya banjir susulan. Apalagi informasi yang beredar, di kawasan pegunungan, debit air bertambah," kata salah seorang warga Aceh Utara, Nurjanah, kepada detikcom, Kamis (4/1/2018).

Dia menyebutkan rumahnya di kawasan Kecamatan Matangkuli direndam air banjir berkisar 1-1,5 meter. Tergantung daerahnya tinggi ataupun rendah.

"Semoga saja hujan reda sehingga banjir tidak bertambah lagi," sebutnya.
Hujan Terus Guyur Aceh Utara dan Bener Meriah, Warga Was-was Banjir  Banjir di Aceh Utara malam ini. (Foto: dok. Istimewa)

Diberitakan sebelumnya, hujan deras mengakibatkan Krueng (Sungai) Kereuto meluap dan menerjang puluhan desa di empat kecamatan di Aceh Utara, Aceh. Ratusan warga mulai mengungsi di menasah (surau) di desa masing-masing.

Dari data yang dihimpun detikcom, Rabu (3/1/2018), keempat kecamatan itu adalah Kecamatan Matangkuli dengan jumlah desa yang tergenang air 21 desa, Kecamatan Pirak Timu 9 desa, Kecamatan Tanah Luas 4 desa, dan Kecamatan Paya Bakong 2 desa.

Namun informasi terbaru, kondisi air Sungai Keureuto terus naik dan tidak tertutup kemungkinan air akan terus bertambah tinggi, karena saat ini kawasan pegunungan Bener Meriah dan Aceh Utara masih diguyur hujan lebat.
(Datuk Haris Molana/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed