DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 14:53 WIB

Hadirkan Pantai Publik untuk Warga, Sandi: Ada Lahan di Dekat Ancol

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Hadirkan Pantai Publik untuk Warga, Sandi: Ada Lahan di Dekat Ancol Foto: Mochammad Zhacky/detikcom
Jakarta - Rencana menghadirkan pantai publik untuk warga Jakarta menjadi prioritas Gubernur dan Wagub DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Sandiaga mengaku menerima laporan warga akan adanya lahan di dekat pantai Ancol yang dapat dikonservasi menjadi pantai publik.

Sandiaga telah menerima berbagai usulan terkait rencana penyediaan pantai publik. Kawasan pantai Ancol juga sempat menjadi salah satu opsi untuk menyediakan pantai bagi warga kelas menengah.

"Banyak usulan (Pantai Publik) yang diberikan kemarin untuk warga yang dari masyarakat kelas menengah ke bawah," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2018).

Namun penyediaan pantai publik di kawasan Ancol terkendala lahan yang dimiliki PT Pembangunan Jaya Ancol. "Itu yang saya kemarin bicara sama Pak Paul dari Jaya Ancol (Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol), bahwa kita ingin ada akses untuk pantai publik," ujar Sandi.

Menurut Sandi, kebijakan menghadirkan pantai publik kepada warga tidak boleh merugikan salah satu pihak. Termasuk jika harus menggandeng PT Pembangunan Jaya Ancol dalam penyediaan pantai publik.

"Konsepnya itu memberikan akses ke publik tapi nggak merugikan Ancol sebagai pantai publik," ucapnya.

Kendati demikian, Sandi mengatakan Ancol masih menjadi salah satu opsi untuk difungsikan sebagai pantai publik. Selain Ancol, kata Sandi, ada juga lahan di dekat Pantai Ancol yang juga dapat dimanfaatkan sebagai Pantai Publik.

"Ada juga rupanya dari masyarakat sekitar yang menurut identifikasi ada lahan-lahan yang mungkin bisa dikonversi menjadi pantai publik di sebelah Ancol, dekat-dekat Ancol situ. Kita lihat dulu koridornya apakah kita bisa menghadirkan lebih banyak akses kepada pantai kepada publik ke pantai yang bisa dinikmati oleh publik," tuturnya.

Untuk diketahui, DKI Jakarta hingga saat ini belum memiliki pantai publik yang dapat diakses secara cuma-cuma oleh masyarakat. Daerah seperti Jakarta dinilai harus memiliki pantai publik.

"Idealnya pantai publik itu harus ada di setiap kota yang punya laut itu harus punya pantai publik," kata Asisten Sekretaris Daerah bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Asbang) Pemprov DKI Jakarta Gamal Sinurat, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2017).



Menurut Gamal, belum ada pantai di Jakarta yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai pantai publik selain Ancol. Namun sayangnya, Ancol berada di lahan milik PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA).

"Kalau Ancol memang memenuhi kriteria. Tapi dia ada di lahan private, di lahannya Ancol (PJA). Kan itu mesti dikaji lebih lanjut sama Ancol terkait dengan aspek ekonomisnya mereka," ujar Gamal.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed