DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 07:34 WIB

Polri: Masih Ada 10-20 Persen Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

Jabbar Ramdhani - detikNews
Polri: Masih Ada 10-20 Persen Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta Ilustrasi kepadatan lalu lintas saat arus balik libur tahun baru (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Kabag Ops Koordinator Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Benyamin menyebut mayoritas kendaraan telah kembali ke Jakarta usai libur tahun baru. Namun masih ada sekitar 10-20 persen kendaraan yang masih di luar Jakarta.

Kendaraan ini belum kembali karena masih ada masyarakat yang berlibur dengan menyesuaikan masa liburan anak sekolah.

"Mungkin sekitar 10-20 persen yang belum kembali. Mengikuti libur anak sekolah," tutur Benyamin saat dihubungi detikcom, Selasa (2/1/2018) malam.


Dia mengatakan puncak arus balik masa libur tahun baru terjadi pada Senin (1/1) kemarin. Diperkirakan kendaraan yang masih di luar Jakarta itu akan kembali pada Minggu (7/1) nanti yakni sekitar sebanyak 50 ribu kendaraan.

"Puncak arus balik kemarin. Minggu depan cuma sisa-sisa," ucapnya.


Sementara itu, pada puncak arus balik libur tahun baru lalu lintas berjalan lancar. Petugas melakukan antisipasi kemacetan parah dengan memberlakukan contraflow sejak KM 60.

Hal ini dilakukan karena banyaknya kendaraan yang masuk rest area. Selain itu, kepadatan kendaraan disebabkan adanya penyempitan jalan karena adanya pembangunan light rapid transit (LRT) dan Tol Jakarta Cikampek II (elevated).


Penanganan lalu lintas berjalan lancar juga karena kebijakan larangan beroperasinya kendaraan besar pengangkut barang. Sehingga meski ada hambatan kendaraan masih bisa melaju meski berjalan pelan di KM 66-41.

"Kemarin terdukung oleh tidak beroperasinya kendaraan besar. Memang ada hambatan, tapi ban kendaraan masih bergelinding. Jadi tidak ada yang terhenti, stuck. Pada jam tertentu kecepatan 20-30 km/jam. Tapi selepas KM 41 lalu lintas sudah lancar," kata Benyamin.
(jbr/yld)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed