DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 06:26 WIB

Polri: Arus Balik Libur Tahun Baru di Tol Cikampek Lancar

Jabbar Ramdhani - detikNews
Polri: Arus Balik Libur Tahun Baru di Tol Cikampek Lancar Kakorlantas pakai Moge BMW pantau lalu lintas (Foto: Screenshot Instagram ntmc_polri)
Jakarta - Kabag Ops Koordinator Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Benyamin menyebut arus balik libur tahun baru berjalan lancar. Pada puncak arus balik, Senin (1/1) lalu lintas berlangsung sesuai harapan.

"Untuk arus balik, dari Jawa Tengah ke Cipali, di Tol Cikampek sangat lancar. Kemudian dari Bandung sampai Cikampek sangat lancar," kata Benyamin ketika dihubungi detikcom, Selasa (2/1/2018) malam.


Dia mengatakan, kepadatan lalu lintas terpantau terjadi sejak sekitar pukul 15.00 WIB Rabu (3/1). Petugas pun memberlakukan contraflow ke arah Jakarta agar arus lalu lintas tidak berhenti total (stuck).

"Hambatan ada ketika memasuki KM 66. Kalau di bawah jam 15.00 WIB masih lancar. Di atas itu mulai ada ketersendatan di KM 50 sampai 40. Maka dari situ kita contraflow sampai KM 41," ujar dia.


"Kemudian memasuki 19.00 WIB contraflow kita perpanjang sampai KM 66 ke arah Jakarta. Dan kita masukkan lagi di KM 41," tambah Benyamin.

Dia menyebut kepadatan kendaraan disebabkan banyaknya kendaraan yang masuk rest area. Selain itu, kepadatan kendaraan disebabkan adanya penyempitan jalan karena adanya pembangunan light rapid transit (LRT) dan Tol Jakarta Cikampek II (elevated).


"Penyebab kemacetan di KM 66-KM 40 itu karena banyak kendaraan masuk rest area di KM 62, KM 52, dan KM 42. Lalu kedua karena pembangunan LRT dan Tol Jakarta-Cikampek yang ada di tengah jalan itu. Selebihnya lancar," ungkapnya.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa juga sempat memantau langsung kondisi arus balik libur tahun baru. Royke sempat menyusuri Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan memantau kondisi lalu lintas di Tol Cikampek.
(jbr/yld)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed