detikNews
Selasa 02 Januari 2018, 18:44 WIB

Polisi: Girder Tol Depok-Antasari Roboh Murni Human Error

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polisi: Girder Tol Depok-Antasari Roboh Murni Human Error Beton Girder di Simpang Susun Tol Antasari Ambruk (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Girder proyek Tol Depok-Antasari roboh akibat tersenggol ekskavator yang sedang menggali tanah. Insiden itu disebut murni karena human error atau kesalahan manusia.

"Kejadian murni human error. Girder terguling diduga akibat benturan alat berat (Ekskavator). Tidak ada korban jiwa," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto dalam keterangannya, Selasa (2/1/2018).


Berdasarkan keterangan pihak pengelola proyek, balok girder yang roboh itu sudah di errection ke atas sejak 22 Desember 2017. Girder juga sudah diberi perkuatan satu dengan yang lainnya.

"Pagi tadi aktivitas lanjutan penggalian tanah oleh ekskavator dan akan dimuat ke dumptruck," ujar Mardiaz.


Selain itu, Mardiaz menjelaskan pihak pengelola proyek memastikan insiden robohnya girder itu tak bermasalah terhadap proses konstruksi. Pengerjaan Tol Depok-Antasari disebut tetap akan dilanjutkan.


"Tidak ada masalah dengan konstruksi. Kesinambungan pekerjaan tidak terkendala, tidak mengganggu arus traffic lalu lintas," ujarnya.

Girder itu roboh sekitar pukul 09.45 WIB pagi tadi. Satu buah unit truk tertimpa oleh girder tersebut.

Video 20Detik: Girder Tol Depok-Antasari Roboh Hantam Mobil di Bawahnya

[Gambas:Video 20detik]


(knv/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com