DetikNews
Selasa 02 Januari 2018, 12:01 WIB

Banjir Landa Aceh Besar, 30 Hektare Kebun Cabai Rusak

Agus Setyadi - detikNews
Banjir Landa Aceh Besar, 30 Hektare Kebun Cabai Rusak Foto: GettyImages
Aceh - Hujan deras yang mengguyur Aceh dalam dua hari terakhir menyebabkan Desa Leungah, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, Aceh mengalami banjir. Akibatnya, 30 hektare kebun cabai milik warga rusak.

"Sebagian besar lahan pertanian warga berupa kebun cabai hancur dan gagal panen dengan luas lebih kurang 30 hektare," kata Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar Ridwan Jamil kepada wartawan, Selasa (2/1/2018).

Banjir luapan akibat hujan deras ini mulai menggenangi rumah warga sejak Senin (1/1) malam sekitar pukul 20.30 WIB hingga 23.00 WIB. Ketinggian air mencapai 50 hingga 80 sentimeter.

Saat banjir menerjang, 260 warga sempat mengungsi ke masjid. Namun setelah air surut, warga berangsur kembali ke rumah. Beberapa warga langsung membersihkan rumah dengan peralatan seadanya.

"Untuk pengungsi sendiri sudah kembali ke rumah masing-masing dan sebagian mengungsi ke rumah tetangga atau saudara," jelas Ridwan.

Hingga dinihari tadi, petugas BPBD masih mendata rumah yang terkena banjir. Tadi malam, petugas kesulitan masuk ke lokasi karena kondisi gelap dan berlumpur.

"Kendala lain tidak ada jaringan komunikasi baik telfon ataupun internet di lokasi," ungkapnya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed