DetikNews
Selasa 02 Januari 2018, 08:00 WIB

Jokowi Resmikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Pagi Ini

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi Resmikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Pagi Ini Foto: Jokowi segera meresmikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta pagi ini. Fotografer: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera meresmikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta pagi ini. Kereta ini juga melayani perjalanan secara normal mulai hari ini, setelah sebelumnya sejak 26 Desember dalam masa uji coba.



Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah berjaga-jaga di lokasi, tempat Kereta Bandara yang terhubung dengan moda transportasi skytrain ke terminal-terminal Bandara.Foto: Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah berjaga-jaga di lokasi, tempat Kereta Bandara yang terhubung dengan moda transportasi skytrain ke terminal-terminal Bandara. Fotografer: Danu Damarjati/detikcom

Jokowi meresmikan moda transportasi untuk pekerja kantoran ini di 'Integrated Building' Bandara yang terletak di Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (2/12/2017) pukul 09.00 WIB pagi.

Foto:  Pagi ini, umbul-umbul biru peresmian pengoperasian Kereta Bandara sudah terpasang. Fotografer: Danu Damarjati/detikcom.Foto: Pagi ini, umbul-umbul biru peresmian pengoperasian Kereta Bandara sudah terpasang. Fotografer: Danu Damarjati/detikcom. Foto: Danu Damarjati/detikcom



Pagi ini, umbul-umbul biru peresmian pengoperasian Kereta Bandara sudah terpasang. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah berjaga-jaga di lokasi, tempat Kereta Bandara yang terhubung dengan moda transportasi skytrain ke terminal-terminal Bandara.

 Kereta Bandara ini dioperasikan oleh PT Ralink. Ongkosnya mulai hari ini sebesar Rp 70 ribu. Kereta Bandara ini dioperasikan oleh PT Ralink. Ongkosnya mulai hari ini sebesar Rp 70 ribu. Foto: Danu Damarjati/detikcom


Kereta Bandara ini dioperasikan oleh PT Ralink. Ongkosnya mulai hari ini sebesar Rp 70 ribu, setelah sebelumnya pada masa uji coba seharga Rp 30 ribu. Cara bayarnya adalah nontunai lewat mesin pembelian.


Perjalanan kereta bandara melayani 42 perjalanan yang dimulai pada pukul 03.51 WIB - 21.51 WIB dengan rute Stasiun Sudirman Baru (BNI City) sampai dengan Soekarno-Hatta dan 06.10 WIB-23.10 WIB rute Soekarno-Hatta sampai dengan Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dengan headway (jarak antarkereta) setiap 30 menit sampai dengan 1 jam sekali. Waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit.



Selain Stasiun Sudirman Baru, ada pula stasiun lain yang nantinya bakal dioperasikan, yakni Stasiun Duri dan Stasiun Batuceper.


Pembangunan proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 36,4 km menelan dana investasi sebesar Rp 5 triliun. Dana investasi tersebut di antaranya berasal dari Railink Rp 1,7 triliun untuk pembebasan tanah, KAI Rp 2,5 triliun, dan Angkasa Pura II Rp 800 miliar.



(dnu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed