DetikNews
Minggu 31 Desember 2017, 19:07 WIB

Peserta Nikah Massal DKI Berbusana Jawa, Betawi, hingga Minang

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Peserta Nikah Massal DKI Berbusana Jawa, Betawi, hingga Minang Peserta nikah massal (Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - Beragam riasan pengantin dipilih oleh calon mempelai nikah massal DKI Jakarta. Ada yang menggunakan busana adat, juga hijab.

Seperti pasangan asal Padang, Ratna dan Willy. Mereka menggunakan pakaian adat Minang bernuansa merah.

Ada pula sunting yang menghias kepalanya. Walau keduanya asli tanah Padang, namun sudah resmi mengantongi KTP sebagai warga DKI Jakarta. Pasangan ini adalah calon pengantin dari Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk.

"Ke kelurahan saja, dandan sejam, disediain semua sama kelurahan," kata Ratna di lokasi nikah massal, Park and Ride Thamrin 10, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2017).

Peserta nikah massal / Peserta nikah massal / Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom


Demikian pula dengan Ani dan Agus, pasangan dari Kelurahan Roa Malaka, Tambora. Mereka juga dirias gratis, difasilitasi oleh kelurahan. Riasan yang digunakan adalah busana adat paes Solo, Jawa Tengah.

"Tadi rias di hotel. Datang aja, jam 3 sore, terus dirias, udah. Dari kelurahan semua," ucap Ani.

Namun, rupanya ada pula pasangan yang lebih memilih menyiapkan baju dan riasan sendiri. Semuanya disiapkan secara mendadak dan cepat.

"Ditawarin (rias) dari keluarahan, tapi saya nggak enak karena dibantuin semua (maharnya). Pesen bajunya siang kemarin, dekat rumah, siang tadi diambil, sekalian rias," ungkap Mira Chasmirah yang mengenakan hijab dan busana putih ini, pasangan dari Kelurahan Baru, Pasarebo.

Peserta nikah massal / Peserta nikah massal / Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom


Pantauan detikcom, ada pula peserta nikah massal yang memakai busana Betawi.

Pemprov DKI Jakarta menggelar nikah massal untuk menyambut pergantian tahun. Pemprov juga membiayai mahar pernikahan berupa seperangkat alat salat, Alquran, hingga 1 gram emas dari PT Antam. Tak hanya itu, riasan rupanya dibiayai dari sumbangan kelurahan.
(nif/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed