DetikNews
Minggu 31 Desember 2017, 16:55 WIB

76 Personel Polda Aceh Dipecat Tahun Ini

Agus Setyadi - detikNews
76 Personel Polda Aceh Dipecat Tahun Ini Markas Polda Aceh. (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Sebanyak 76 personel Polda Aceh dipecat sepanjang tahun 2017. Anggota yang diberhentikan dengan tidak hormat ini di antaranya tersandung kasus narkoba dan desersi.

Kapolda Aceh, Irjen Rio S Djambak, mengatakan, para anggota yang dipecat tahun ini rata-rata meninggalkan tugas lebih 30 hari (desersi) dan ada juga yang terlibat narkoba. Pemecatan dilakukan sebagai wujud ketegasan Polri dalam mengubah cara pandang negatif masyarakat terhadap institusi polisi.

"Polri saat ini sudah sangat terbuka dan transparan dalam menindak tegas setiap personel kepolisian yang melanggar aturan," kata Rio saat rilis akhir tahun di Mapolda Aceh, Minggu (31/12/2017).

Menurut Rio, anggota Polda Aceh yang melanggar Komisi Kode Etik Polri (KKEP) selama 2017 bertambah. Tahun ini, terdapat 178 pelanggaran atau naik 27,4 persen dibanding tahun lalu hanya 161 pelanggar.

Dari jumlah tersebut, 51 di antaranya karena desersi, 13 kasus pidana umum, dan narkoba 8 kasus. Sementara urine narkoba 71 kasus dan KKEP murni 35 kasus.

"Berdasarkan rincian tersebut yang telah diberhentikan sebanyak 76 personel," ungkap Rio.

Polisi yang melanggar di Aceh tersebut terdiri dari perwira menengah satu orang, perwira pertama empat personel, brigadir 172 personel dan Tamtama satu satu personel tersandung pelanggaran KKEP pada tahun 2017.

"Dari jumlah 14.480 personel di Polda Aceh, persentase yang melanggar KKEP hanya 1,2 persen," kata Rio.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed