DetikNews
Minggu 31 Desember 2017, 15:17 WIB

Polisi Imbau Warga Lapor Jika Ada Perayaan Tahun Baru di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Polisi Imbau Warga Lapor Jika Ada Perayaan Tahun Baru di Aceh Ilustrasi Kota Banda Aceh. (Foto: Getty Images)
Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh mengeluarkan seruan larangan perayaan tahun baru dengan hura-hura. Pihak kepolisian mengimbau masyarakat yang mengetahui adanya perayaan agar melapor.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Misbahul Munauwar mengatakan, organisasi masyarakat (ormas) yang ada di wilayah Aceh dilarang menggelar razia untuk mencegah perayaan tahun baru. Jika kedapatan merazia, polisi akan mengambil tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Baik ormas atau masyarakat jangan main hakim sendiri. Laporkan ke kepolisian jika memang ada kegiatan mencurigakan yang berbau perayaan tahun baru," kata Misbahul dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (31/12/2017).

Polisi juga mengimbau para pelaku usaha atau pun pengelola tempat usaha seperti kafe, hotel serta tempat hiburan agar tidak memfasilitasi perayaan tahun baru. Hal tersebut sesuai aturan atau Qanun (Perda) yang ditetapkan di provinsi Aceh.


"Kami imbau seluruh masyarakat Aceh untuk tidak melakukan kegiatan apa pun dalam rangka merayakan tahun baru, termasuk kepada pengelola hotel, kafe dan tempat hiburan agar tidak memfasilitasi kegiatan tersebut, ini sesuai aturan berlaku yang dikeluarkan Pemerintah Aceh," jelasnya.

Meski demikian, untuk mengamankan malam pergantian tahun, Polda Aceh mengerahkan 725 personel dari berbagai satuan. Seluruh personel tersebut akan melakukan patroli keliling ke seluruh lokasi seperti hotel hingga tempat hiburan.

Selain polisi, pengamanan juga melibatkan TNI, Satpol PP dan WH, Dinas Perhubungan serta sejumlah unsur terkait lainnya.

"Kondisi Aceh, khususnya Banda Aceh, sudah aman. Jangan sampai kami temukan adanya pelanggaran hukum yang dilakukan. Jika main hakim sendiri, itu malah membuat kondisi Aceh tidak aman," ujar Misbahul.
(dkp/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed