SIM Mati, Polisi di Bali Ini Kena Tilang

Prins David Saut - detikNews
Sabtu, 30 Des 2017 18:59 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Badung - Kata siapa polisi tidak bisa kena tilang jika masa berlaku SIM-nya kedaluwarsa atau mati? Anggota kepolisian di Polres Badung, Bali, saja kena tilang karena SIM-nya mati.

Namun penindakan karena pelanggaran administrasi berkendara itu dilakukan oleh Propam di Mapolres Badung, Jl Raya Kebo Iwa, Mengwi, Badung, Bali, Sabtu (30/12/2017). Penindakan tersebut dalam rangka penegakan ketertiban dan disiplin anggota Polri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan seusai apel fungsi di halaman Mapolres Badung yang dipimpin Kasi Propam Polres Badung Iptu Made Murdawan. Ia menerjunkan seluruh anak buahnya untuk memeriksa performa dan administrasi berupa Surat Nyata Diri anggota kepolisian yang wajib dipegang oleh personel.

Surat Nyata Diri itu di antaranya Kartu Tanda Anggota Kepolisian, surat kewajiban berkendara, seperti SIM dan STNK, serta KTP. Dalam pemeriksaan tersebut, Propam Polres Badung menemukan 1 personel yang masa berlaku SIM-nya telah habis serta dua personel dengan penampilan yang belum rapi.

Personel yang masa berlaku SIM-nya telah habis diberi tilang serta diwajibkan mengurus segera SIM-nya. Personel yang belum rapi dalam penampilan langsung diberi tindakan disiplin dengan tegas.

"Kami melakukan pemeriksaan terhadap anggota secara mendadak, di mana bertujuan agar anggota kepolisian bersih dari pelanggaran. Kami sebagai anggota Polri harus menjadi contoh bagi masyarakat," kata Murdawan. (vid/jor)