DetikNews
Jumat 29 Desember 2017, 17:35 WIB

Pilu Warga Aceh, 7 Orang Terbakar Elpiji Saat Tahlilan Kematian

Datuk Haris Maulana - detikNews
Pilu Warga Aceh, 7 Orang Terbakar Elpiji Saat Tahlilan Kematian
Aceh - Nasib kurang baik dialami keluarga Arif Mulia (22), warga Desa Alue Kerenyai, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, Aceh. Dia sedang berduka lantaran orang tuanya meninggal dunia. Tapi musibah lainnya malah menimpa dirinya, nenek dan keluarga besarnya.

Arief bersama enam orang keluarganya itu terbakar akibat tersambar api dari kebocoran tabung elpiji ukuran 12 Kg di rumahnya.

"Kejadiannya begitu cepat dan akibatnya jadi seperti ini. Keluarga saya terkena sambaran api dari kebocoran tabung gas di rumah. Padahal, saya pun sedang berduka cita lantaran orang tua baru saja meninggal dunia," kata Arif kepada detikcom, Jumat (29/12/2017).

Dia bercerita, kejadian terjadi pada Rabu (27/12). Waktu itu, di rumahnya sedang ada acara tahlilan mendoakan orang tuanya yang baru saja meninggal beberapa hari lalu. Keluarga besarnya pun menyiapkan kenduri. Saat waktu masaklah kejadiannya.

Arief menyebut bau gas menyengat sudah tercium sejak malam harinya. Dia lantas membuka tabung tersebut dan menggantikannya dengan tabung lain yang baru dibelinya.

"Saya kira longgar tempat masuk regulator di tabung itu. Saya buka, dan keluarga saya pergi ke pangkalan LPG dan membeli gas lainnya. Sampai di rumah, saya masukkan regulatornya namun tidak mau juga. Kemudian buka lagi dan mengganti karetnya. Tidak bisa juga," sebut Arief.

Kemudian Arief mencoba memperbaiki regulatornya dan memasang kembali ke tabung dan ternyata dari tabung gas mengeluarkan bunyi desingan keluarnya isi gas dari tabung. Kondisi demikian, Arief langsung membuang tabung tersebut ke kamar mandi yang bersisian dengan dapur.

Ternyata di luar pun ada yang sedang dengan tungku kayu. Api dari tungku itu langsung menyambar tabung di kamar mandi dan kemudian menjalar ke uapan gas yang duluan mengepul di dalam dapur. Naas, orang-orang yang berada disekitarpun langsung di sambar api termasuk dirinya. "Api sangat cepat menyambar tabung gas dan seluruh korban yang saat itu berada di dapur," sebut Arif.

Diberitakan sebelumnya tujuh warga Desa Alue Kereunyai, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, Aceh, terbakar. Mereka mengalami luka bakar di sekujur tubuh akibat tabung elpiji ukuran 12 kg di rumahnya bocor hingga menyambar api dan melukainya.

Ketujuh orang itu adalah Hamidah (75), Fatimah (65), Nurhayati (65), Julianur (25), Arief Mulia (22), T Rasya (10), dan Mulyani (31). Semuanya masih satu keluarga besar dan saat ini sedang di rawat di Rumah Sakit Arun, Lhokseumawe.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed