DetikNews
Jumat 29 Desember 2017, 11:15 WIB

Ladang Ganja 9 Hektare di Aceh Dimusnahkan, Asap Membubung Tinggi

Agus Setyadi - detikNews
Ladang Ganja 9 Hektare di Aceh Dimusnahkan, Asap Membubung Tinggi Foto: dok Polda Aceh
Aceh - Polisi Polda Aceh dan Bareskrim Polri mengobrak-abrik ladang ganja seluas 9 hektare di dua lokasi di Aceh Besar, Aceh. Tim gabungan ini mencabut 45 ribu batang ganja dan kemudian dibakar di lokasi.

"Pemilik tidak ada. (Lokasi) jauh dan medan berat. Penyelidikan pemilik kesulitan," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh Kombes Agus Sarjito kepada detikcom, Jumat (29/12/2017).

Pemusnahan ladang ini dilakukan personel gabungan tim khusus Direktorat 4 Narkoba Bareskrim Polri dan Direktorat Narkoba Polda Aceh pada Kamis (28/12) sore. Ada dua lokasi yang menjadi sasaran, yaitu di Kecamatan Indrapuri dan Kecamatan Montasik. Tim yang bergerak ke lokasi harus berjalan kaki selama 30 menit hingga satu jam dari tempat parkir mobil.

Di Pegunungan Babah Rimba, Indrapuri, Aceh Besar, polisi mengobrak-abrik ladang seluas 3 hektare. Di ladang itu ditemukan 15 ribu batang ganja dengan tinggi 1-1,5 meter. Satu per satu batang tanaman haram itu dicabut kemudian ditumpuk di satu tempat.

"Kemudian dilakukan pembakaran, sehingga seluruh area ladang telah bersih. Batang ganja habis tercabut dan dibakar," jelas Agus.

Kegiatan pemusnahan ladang ganja dipimpin Direktur Resnarkoba Polda Aceh Kombes Agus Sarjito dan Kasubdit II Dit IV Tipid Narkoba Mabes Polri Kombes Jefriedi. Personel yang dilibatkan adalah anggota Dit IV Bareskrim Polri sebanyak 14 orang dan Ditnarkoba Polda Aceh sebanyak 15 orang serta Satresnarkoba Polres Aceh Besar sebanyak 8 personel.

Sementara itu, di lokasi terpisah, di pegunungan Desa Cot Sibatee, Kecamatan Montasik, Aceh Besar, polisi menemukan ladang ganja seluas 6 hektare dengan jumlah tanaman 30 ribu batang. Usianya dua hingga tiga bulan.

Personel yang dikerahkan ke lokasi ini berjumlah 14 orang dari Dit IV Bareskrim Polri, Ditnarkoba Polda Aceh sebanyak 22 orang, dan Satresnarkoba Polres Aceh Besar 10 orang. Pemusnahan juga dilakukan dengan mencabut serta membakarnya.

"Sebagian batang ganja telah diamankan sebagai sampel barang bukti sejumlah 300 batang dan dibawa ke Mako," jelas Agus.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed