DetikNews
Kamis 28 Desember 2017, 12:24 WIB

Buaya 2 Kuintal Gegerkan Bengkalis, Butuh 11 Orang buat Evakuasi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Buaya 2 Kuintal Gegerkan Bengkalis, Butuh 11 Orang buat Evakuasi Foto: dok. RSF
Bengkalis - Buaya dengan panjang 2,75 meter dan berat sekitar 200 kg dievakuasi dari rumah warga di Kota Duri, Kab Bengkalis, Riau. Butuh 11 orang untuk mengangkutnya ke dalam mobil.

Buaya itu berada di rumah warga bernama Tajudin, warga Jl Kayangan, Kota Duri, terpaut 100 km dari Pekanbaru. Buaya jenis sepip ini merupakan pemangsa ikan dan diperkirakan usianya lebih dari 7 tahun.
Buaya 2 Kuintal Gegerkan Warga Bengkalis, Butuh 11 Orang EvakuasiFoto: dok. RSF

Evakuasi ini dilakukan tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama aktivis Rimba Satwa Foundation (RSF) pada Kamis (28/12/2017).

"Tadi tim BBKSDA Riau bersama RSF sudah berhasil mengevakuasi buaya tersebut. Tim BBKSDA sudah membawanya untuk selanjutnya dilepas di alamnya," kata Manajer Campaign RSF, Hartoni Surono, kepada detikcom.

Menurut Hartoni, berdasarkan keterangan Tajudin, dia sebenarnya selama ini tidak memelihara buaya tersebut. Ceritanya, Tajudin belum lama ini membeli rumah tersebut dari pemilik lama.

"Ketika Tajudin beli rumah, ternyata di belakang rumah tersebut ada kandang buayanya," kata Hartoni.

Masih menurut Hartoni, dari informasi warga setempat, pemilik rumah awalnya mendapatkan buaya itu dalam ukuran kecil, sebesar biawak.

"Diperkirakan, sama pemilik rumah sebelumnya, buaya itu dipelihara 7 tahun. Dari ukurannya masih kecil hingga buaya itu panjangnya 2,75 m dan berat sekitar 200 kg," kata Hartoni.
Buaya 2 Kuintal Gegerkan Warga Bengkalis, Butuh 11 Orang EvakuasiFoto: dok. RSF

Belakangan, warga yang membeli rumah itu bingung bagaimana caranya mengevakuasi buaya tersebut. Akhirnya keinginan Tajudin melepas buaya ini sampai ke RSF dan BBKSDA Riau.

"Makanya tadi bersama BBKSDA Riau melakukan evakuasi. Kandang buaya itu sudah tidak layak lagi untuk hidup buaya dewasa," kata Hartoni.

Evakuasi buaya itu tidak menghadapi banyak kendala. Ini karena naluri alami buaya tersebut untuk bertahan dari serangan tidak terasah dengan baik. Hal itu dimungkinkan akibat kondisi kandang yang sempit sehingga buaya tidak bisa bergerak bebas.

"Evakuasi dari dalam kandang tidak terlalu susah. Tapi waktu akan dinaikkan ke dalam bak mobil susah karena beratnya. Makanya tadi ada 11 orang yang mengangkutnya ke dalam mobil," tutup Hartoni.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed