Cerita Sandiaga yang Selalu Ikut Sunah Rasul Bersiwak

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 27 Des 2017 19:46 WIB
Sandiaga membeli siwak di ITC Mangga Dua, Kamis (3/11/2016). (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bercerita tentang dirinya yang mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW untuk bersiwak. Ia mengaku menggunakan siwak dalam enam tahun terakhir.

"Untuk bersihin gigi. Bersihin gigi dan itu udah dari zamannya, zaman Rasulullah ya bahwa ada, ada sunahnya," tutur Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2017).

Siwak merupakan nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Atau jika ditinjau dari perbuatannya, siwak adalah menggosok/membersihkan gigi dengan kayu untuk menghilangkan kuning dan kotoran gigi serta untuk membersihkan mulut.

Sandi mengaku kebiasaannya menggunakan siwak tak dilakukan sejak kecil. Ia mengatakan baru enam tahun terakhir ini selalu membawa siwak ke Indonesia setelah menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci Mekah.

"Bukan dari kecil. Mungkin enam tahun terakhirlah setiap umrah saya bawa," ungkapnya.


Kendati demikian, kata Sandi, sebelumnya ia hanya menggunakan siwak sesekali. Namun, sejak ruang kerjanya di Balai Kota tak memiliki akses ke kamar mandi, kebiasaannya bersiwak menjadi lebih intens.

"Biasanya saya kan kalau habis makan kan sikat gigi, sekarang kalau nggak ada akses kamar mandi saya pakai siwaknya untuk sekalian bersihin," ujarnya.

Sebelumnya, Sandi juga diketahui pernah membeli siwak saat berkeliling ITC Mangga Dua di masa kampanye. Siwak tersebut dibelinya dari salah seorang pedagang di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara.

"Ini siwak, ini sikat gigi dari zamannya Nabi, biasanya kalau di Arab kalau lagi umrah saya selalu beli siwak. Tadi kaget ada siwak di Musala Nurul Iman. Jadi hari ini habis makan saya mau pakai siwak, ini dianjurkan," kata Sandiaga sambil menggosokkan siwak di giginya, di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, Kamis (3/11/2016) lalu. (idh/idh)